EAL Arts Festival 2013 “Sulap Sastra”


Share Button

EAL Arts Festival adalah persembahan dari komunitas English Art Lab & Ikatan Keluarga Mahasiswa Inggris FIB UI kepada khalayak luas, terutama generasi muda yang ingin mengembangkan potensi diri dan kreativitasnya. Festival yang digelar setahun sekali ini menampilkan aneka karya seni seperti tari, teater, musik, film, dan seni rupa.

EAL Arts Festival 2013 merupakan festival kedua dan akan diselenggarakan pada hari Rabu & Kamis, 22-23 Mei 2013 di Auditorium Gedung IV & IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Kampus UI, Depok. Festival ini menghadirkan sejumlah karya seni hasil alih wahana.

Bagi pelajar SMA se-Jabodetabek, diadakan Lomba Bercerita pada hari pertama. Ada pula Lomba Dari Foto Ke Puisi yang diikuti oleh para mahasiswa UI dan mengundang penyair Sapardi Djoko Damono sebagai salah satu juri. Sepanjang festival berlangsung akan diputar video-video tentang perempuan yang dibuat oleh komunitas Ruang Rupa dan Jakarta 32c. Sebagai penutup festival di hari pertama akan dipentaskan sendrataripersembahankelas Kajian Drama  Sebagai Teater (KDST) Program Studi Inggris berjudul ‘Luka’ pada pukul 16.00 WIB di Auditorium Gedung IX FIB UI. Dibawah arahan Avie Rajanti Puteri (penari di Liga Tari UI) sebuah cerita rakyat Indonesia akan “disulap” menjadi sebuah rangkaian tariankontemporer yang dinamis.

Pada hari kedua, 23 Mei 2013 pukul 16.00 WIB di Auditorium Gedung IX FIB UI,akan ditampilkan pertunjukan teater dengan lakon berjudul Rajam(karya Herlin Putri) yang disutradari oleh Herlin Putri dan Rahadian Adetya. Rajam merupakan antologi tiga lakon pendek yang bercerita tentang tiga perempuan. Ketiganya memiliki latar belakang berbeda, namun mengalami satu hal yang sama; perkosaan. Lakon ini mencoba mengungkap pandangan masyarakat terhadap kasus tersebut dan bagaimana cara pandang ini tidak dapat dilepaskan dari persepsi yang dipenuhi mitos tentang tubuh perempuan.Digagas dan dibina oleh komunitas EAL UI, produksi pementasan ini merupakan wujud dari rasa kepedulian dan upaya untuk meningkatkan kesadaran di kalangan generasi muda tentang kasus perkosaaan yang semakin marak terjadi. Sepuluh persen dari setiap pembelian tiket akan disumbangkan untuk mendukung kampanye anti kekerasan terhadap perempuan.

EAL Arts Festival 2013 terselenggara berkat dukungan Pertamina Foundation, Kompas Gramedia, dan Coca-Cola.Secara keseluruhan, EAL Arts Festival 2013 adalah sebuah perayaan ekperimentasi dan kreasi seni.

Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai kegiatan ini, sila ikuti lini masa @EnglishArtLab di Twitter atau dengan menghubungi 085717708082 (Ruth) dan 087782816133 (Silviani) untuk pemesanan tiket teater.

Share Button

Sam

“Friendship is everything. Friendship is more than talent. It is more than the government. It is almost the equal of family.- Don Corleone”

More Posts - Google Plus



Comments


Leave a Comment