Disuruh Masuk Jurusan IPA, Tapi Nilai Lebih Gede di IPS


Share Button

roadsign2_bingung

Gimana nih, gue dipaksa orang tua buat masuk jurusan IPA. Padahal, nilai-nilai gue lebih besar di IPS.  Jadi serba salah nih.

(Friska, friskamotion@yahoo.com)

Jawaban: 

Halo Friska. Ga cuma beda pilihan jurusan saat kuliah ya, tapi ternyata banyak juga yang ngalami beda pilihan jurusan saat masih SMA. Seperti yang lo alami. Saat ortu lo pengin lo masuk jurusan IPA, padahal lo ngerasa nilai IPS lebih gede, ini solusi yang bisa lo terapin.

1. Cari Alasan Ortu

Tahapan pertama, lo wajib cari tau Sob, kenapa ortu lo nyaranin lo masuk jurusan IPA. Pasti ada kan…. Biasanya sih karena prospek kerja yang lebih bagus.

2. Jadiin Tantangan

Kalo ortu lo udah ngasih alasannya, sekarang lo boleh nimbang-nimbang. Kira-kira bisa ga ngambil tantangan masuk jurusan IPA. Kalo emang lo ngerasa mampu, ambil aja Sob.

3. Obrolin Lagi

Sebaliknnya, di saat lo ngerasa ga bakal mampu masuk IPA, dan udah nemu kalo lulus IPS bakal masuk di dunia kerja mana, berarti lo harus ngobrol lagi sama ortu lo.

Sebenarnya, setiap jurusan punya kelebihan masing-masing. Ga setiap jurusan IPA bakal mudah dapat kerjaan nantinya. Begitu pun, bukan berarti anak-anak yang masuk jurusan IPS bakal susah dapet kerjaan. Yang penting sih, lo bisa ngejalanin secara maksimal.

Baca: Masalah yang Sering Dihadapi Murid Baru

Nah, buat lo yang punya uneg-uneg soal percintaan,atau masalah sekolah daripada lo pendem mendingan lo keluarin deh semua pertanyaan lo di rubrik “Curhat”. Seperti kata pepatah, “malu bertanya sesat di celana”. Kirim pertanyaan lo lewat email ke ouch@mycakrawala.com dengan subject curhat, atau bisa juga nanya langsung ke Twitter @majalahOUCH atau FB Majalah OUCH!.

Share Button


Comments


Leave a Comment