Dilarang Ada Kematian di Longyearbyen


Share Button

Di dunia ini ga ada yang bisa nunda kematian, kalo emang udah ajalnya siapapun ga bisa nolak. Tapi ada lho tempat yang ngelarang adanya kematian. Wah gimana caranya? Tradisi ini pertama kalo ditemuin di abad kelima sebelum masehi, dimana satu orangpun ga boleh meninggal di Delos, sebuah pulau di kawasan Yunani Kuno.

Ternyata di jaman canggih kayak sekarang juga masih ada lho. Peraturan yang sama masih berlaku di Longyearbyen yang letaknya di pulau Svalbard, Norwegia. Kota ini cuma punya satu pemakaman umum yang berhenti menerima jenazah baru sejak lebih dari 70 tahun lalu. Alasan ilmiahnya, jasad tubuh manusia yang udah dikubur ga bisa hancur.

Suhu yang dingin di dataran Norwegia ngebuat jenazah jadi beku dan tetep utuh selama bertahun-tahun. Dibuktiin sama sekelompok peneliti yang pernah riset di sana, akhirnya mereka masih nemuin jejak virus influenza di tubuh jenazah yang wafat di tahun 1917.

Terus penduduknya dimakamin dimana? Sejak ada peraturan ini, penduduk Longyearbyen yang wafat segera dimakamin di kota lain yang suhunya lebih hangat, supaya jenazahnya bisa hancur di dalam tanah. Waduh udah kayak cerita di film fiksi ilmiah ya Sob.

Share Button

Comments


Leave a Comment