Dampak Ciuman Yang Pasti Belum Lo Tahu Kan?


Share Button

bahaya sering ciuman

Pertanyaan:

Gimana ya kalo keseringan ciuman? Bahaya ga ya?
(Anna – SMA Mataram Semarang)

 

Jawaban:

Halo Anna. Ciuman yang membahayakan itu kalau kondisi tubuh tidak sehat, karena lo dan pasangan bisa saling menularkan penyakit, tapi kalau sehat ya tidak membahayakan.

Ciuman itu kan bisa di mana aja, gak cuma di bibir… bahkan ciuman itu punya arti tersendiri lho; ciuman di tangan, kening, bibir, leher atau bahu tuh punya maksud yang beda-beda. Dah tahu belum? kalau belum, baca dulu deh tuh artikelnya.

Dalam hal hubungan percintaan, beberapa sumber sih memang bilang ciuman bisa bikin mesra pasangan apalagi yang memang sudah sah suami istri. Selain itu ciuman pun bisa meredakan stres, menenangkan jiwa bahkan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tapi bukan berarti ciuman itu punya dampak buruk, seperti yang sudah dibilang di atas; penyakit bisa aja menyebar lewat ciuman. Karena saat kita ciuman, secara tidak sadar kita saling bertukar air liur dan itulah kesempatan penyakit buat menyebar.

Ada istilah namanya “Kissing Disease” atau nama ilmiahnya tuh infeksi mononuecleosis. Ada macam-macam dampak negatif dari ‘penyakit ciuman’ ini, misalnya panas deman, pembengkakan kelenjar amandel, sakit tenggorokan, dll.

jenis jenis ciuman

Mungkin lo belum tahu nih, ternyata Herpes juga bisa nyebar lewat ciuman lho! bukan cuma kalau lo pipis sembarangan doang. Walaupun dari keluarga lo gak ada yang punya penyakit Hepatitis B, tapi ternyata itu juga bisa menular lewat ciuman, jadi lo mesti hati-hati banget.

Intinya sih lo mesti paham betul luar dalam pasangan lo dan mesti tahu konsekuensi kalau ciuman sama dia, karena itu sama aja lo tukar penyakit sama dia. Semoga tercerahkan yaaa.

 

 

Nah, buat lo yang pengin mencurahkan pertanyaan soal “Secret Area”, daripada lo pendem mendingan lo keluarin deh semua pertanyaan lo di sini. Seperti kata pepatah, “malu bertanya sesat di celana”. Kirim pertanyaan lo lewat email ke ouch@mycakrawala.com dengan subject Secret Area, atau bisa juga nanya langsung ke Twitter @majalahOUCH atau FB Majalah OUCH!.

Share Button


Comments


Leave a Comment