Dampak Buruk Nyontek yang Harus Lo Tau!


Share Button

Nyontek_1

“Ngapain gue pusing-pusing belajar, kan bisa nyontek temen.” Waduh,lo yang sering nyontek saat ujian, mending tobat mulai dari sekarang deh Sob. Kenapa lo mesti berhenti nyontek? Sebab dampak buruknya banyak banget! Sekilas, lo ngerasa untung pas dapet contekan dari temen. Tapi kalo lo mikir panjang, nyontek itu berpengaruh sama masa depan lo. Apa aja sih dampak buruk nyontek?

1. Bikin Lo Ga Jujur Saat Kerja

Nyontek_2

Perlu lo tau nih, sebuah penelitian dari University of Minnesota mengatakan, nyontek itu bikin lo jadi orang yang ga jujur saat masuk dunia kerja. Karena lo udah biasa nyontek saat sekolah, lo bakal jadi orang yang mudah bikin fitnah ke rekan kerja lo.

Berdasarkan penelitian dari salah satu universitas di Amerika Serikat itu, salah satu bentuk fitnah lo adalah mengakui ide orang lain sebagai ide lo sendiri. Hari gini jadi plagiat? Malu sama kucing!

2. Bikin Lo Kehilangan Kepercayaan Diri

Nyontek_3

Coba deh lo bayangin, nyontek itu sama aja ngegantungin nasib lo ke orang lain. Lo seolah ga pede sama diri lo sendiri. Orang yang biasa nyontek, akhirnya ngerasa ga cukup mampu ngerjain soal sendiri.

Kalo hal ini udah jadi kebiasaan, kasihan diri lo sendiri. Bisa-bisa lo jadi ga pede buat ngerjain hal-hal lain, Sob.

3. Bikin Lo Gampang Nyerah

Nyontek_4

Banyak hal di dunia ini yang berpengaruh sama karakter pribadi lo. Orang-orang yang suka nyontek termasuk golongan pemalas. Mereka ga punya perjuangandemi ngeraih kelulusan atau kenaikan kelas. Kalo kebiasaan kayak gini lo pelihara, ya lo bakal jadi orang yang mudah nyerah.

Lo jadi ga punya keinginan untuk merjuangin sesuatu. Padahal, kalo lo berusaha, lo bakal bisa ngeraih apa yang lo pengin.

Btw, lo yang mau ujian, pupuk kepercayaan diri lo setinggi mungkin ya. Yakin deh, lo bakal meraih hasil terbaik di ujian besok. Good luck ya.

 

Share Button


Comments


Leave a Comment