Daftar Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja Paling Tinggi


Share Button

daftar jurusan kuliah prospek kerja tinggi

Jurusan kuliah dan almamater kampus emang gak pengaruh banyak tempat kerja kita nanti, karena banyak lho para pekerja yang kerjaannya gak nyambung sama jurusan kuliahnya. Tapi bukan berarti kita bisa anggap remeh jurusan kuliah dan kampus mana yang bakal lo masukin. Apalagi kalo lo belum tentukan pilihan antara kuliah, kerja atau nikah?

Banyak yang bilang nyari kerja itu susah, padahal gak sedikit juga perusahaan yang ngeluh susah cari karyawan yang handal. Nah loh! kok bisa begitu tuh… karena perusahaan nyari karyawan bukan sekedar dari tempat kuliah tapi juga kemampuan asli diri lo.

Gak ada salahnya juga kalo lo masuk jurusan kuliah yang memang prospek kerjanya tinggi sih. Apalagi kalo memang sesuai dengan minat belajar lo maka bukan gak mungkin lo bakal jadi orang handal yang dicari banyak perusahaan.

Dari survei di Inggris, yang dibuat oleh Higher Education Statistic Agency baru ketahuan ada 10 jurusan kuliah yang paling gampang cari kerja. Nih dia hasilnya:

1. Kedokteran

Biaya kuliahnya memang tergolong mahal dibanding jurusan lain tapi ternyata profesi dokter masih banyak yang cari lho. 99,4% lulusan kedoteran langsung dapat kerjaan paling gak 6 bulan setelah lulus.

2. Pendidikan

Ini buat kalian yang cita-citanya pengen jadi guru, berarti pas banget karena ternyata banyak banget yang cari pengajar. Datanya ada sekitar 94.8% almuni dari jurusan pendidikan langsung dapat kerja setelah lulus dari kampus.

3. Farmasi

Masih ada kaitannya sama kedokteran nih, tapi kalau yang ini ngurus obat-obatan semacam apoteker di bidang farmasi, biomedis atau neurologi. 94% lulusan jurusan farmasi termasuk yang paling cepet dapat kerja.

4. Hukum

Bukan rahasia lagi nih, mahasiswa lulusan hukum memang yang tergolong paling cepet dapat kerja dan gajinya lumayan tinggi pula. Survei membuktikan 91.9% lulusan jurusan hukum langsung kerja bro!

5. Pertanian

Secara Indonesia negara agraris yang banyak petaninya maka mestinya ini jadi peluang gede nih. 91,3% lulusan pertanian langsung kerja kurang dari 6 bulan setelah lulus.

daftar jurusan kuliah prospek kerja tinggi

6. Biologi

Ada istilah bioteknologi yang kerjanya mirip profesor di dalam lab gitu. Jadi gak melulu anak lulusan biologi kerjanya di lapangan, tapi bisa juga di dalam kantor a.k.a laboratorium.

7. Bahasa

Lulusan jurusan bahasa juga termasuk 10 jurusan kuliah yang gampang cari kerja. Yaa… mungkin juga karena banyak orang yang suka muter-muter keliling dunia dan gak semua orang ngerti bahasa negara lain ya.

8. Sejarah dan Filsafat

Siapa sangka, jurusan sejarah dan filsafat juga tergolong jurusan kuliah yang prospek kerjaanya gede. Datanya sih 90.1% lulusan banyak yang langsung kerja atau lanjut nerusin kuliah kurang dari 6 bulan setelah lulus.

9. Matematika

Menurut survei nih, 89.9% almuni jurusan matematika langsung kerja kurang dari 6 bulan setelah lulus. Buat lo yang kuliah di jurusan ini bisa tenang karena jurusan matematika termasuk yang gampang cari kerja.

10. Fisika

Ini yang terakhir jurusan fisika, memang paling bawah sih tapi ternyata 89.9% mahasiswa lulusan fisika pun banyak yang langsung dapat kerja dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah lulus dari universitas.

Walau 10 jurusan kuliah di atas punya prospek kerja yang gede, bukan berarti masuk ke jurusan itu gampang. Ouch pernah tulis juga tuh daftar jurusan kuliah yang paling susah dimasukin.

Jadi lo mesti pinter-pinter atur strategi buat pilih jurusan yang gak susah masukknya tapi tetap banyak peluang kerjanya.

Share Button


Comments


  1. Hendra July 15, 2014 at 14:49

    PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN (S1) Universitas YARSI
    Tujuan

    Menghasilkan tenaga ahli penuh perpustakaan, dokumentasi dan informasi muslim yang :

    Mempunyai sikap profesional, trampil, mandiri, bermutu tinggi, berakhlak mulia, berkepribadian Indonesia sesuai dengan Islam.
    Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan, metodologi di bidang ilmu perpustakaan dan informasi sehingga mampu menemukan, memahami menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ilmu perpustakaan.
    Menguasai konsep-konsep teknologi informasi di bidang ilmu pengetahuan sejalan dengan pengembangan ilmu & teknologi, khususnya teknologi komputer.
    Mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan perpustakaan digital.
    Mampu. membuat disain dan pemrograman web.
    Mampu mengembangkan software perpustakaan opensource seperti SLIMS.
    Mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan ketrampilan di bidang ilmu perpustakaan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya ilmu komputer

    Menerima calon mahasiswa dari SMA, Diploma, dan S-1 Bidang Lain

    Waktu perkuliahan: Senin s.d. Sabtu, jam 08.00 WIB – selesai

    silahkan kunjungi kami di:
    http://fti.yarsi.ac.id/program-studi-ilmu-perpustakaan-s1/

  2. riny rizkiany September 06, 2014 at 08:33

    Kalau managemen ????

  3. tri Wahyu January 23, 2015 at 02:00

    Teknik Informatika bro tak harus lulus udah dapet kerjaan duluan ^_^

  4. Witri Wahyuni March 22, 2015 at 15:08

    Kalo jurusan akutansi dan manajemen gimana?

  5. taufik April 04, 2015 at 02:50

    bro, kok, kelautan perikanan gak ada ? padahal kan indonesia 70% nya perairan

  6. om April 09, 2015 at 15:47

    Itu data dapet dari mana ? Bahkan teknik ga ada

  7. dewangga April 20, 2015 at 00:58

    wah..jurusan pertambangan kok gak ada gimana ini

  8. Bang Jay May 12, 2015 at 22:24

    Akuntansi lah….. Dimane ada duit, & bisnis, disitu ada Accounting…..
    Belum lagi, profesi yg jurusan lain tidak mungkin bisa masuk, seperti Auditor & Accountant …

    Ane belom pernah denger tuh, ada Auditor & Accountant lulusan Satra …:)

  9. Silviana Aji May 18, 2015 at 13:39

    Duileeee……ambil datanya jangan dari Inggris dong…..kan lain….yg dari Indonesia gmana??? setau aye di Indonesia klu mo cari kerja mendingan cari yang Ikatan Dinas, Pilot, Teknik Perminyakan, Tehnologi, POLRI atau Pendidikan dueeeehhhhhhh……….

  10. Anggita May 18, 2015 at 23:43

    Salah nih -.- kalau di Indonesia yg paling cepet kerja itu anak managemen, akuntansi, keperawatan, metalurgi, pertambangan, mesin, TI

  11. widia June 02, 2015 at 17:18

    Kasih masukan dong antara psikologi, ilmu komukasi, dan ilmu sejarah. Terimakasih

  12. elsa June 22, 2015 at 11:38

    Ini datanya dari mana? Tahun kpn? Siapa yg survai? Siapa yg disurvai?

  13. Andry June 29, 2015 at 17:40

    Pilot kok gak ada yaa payah nih

  14. Prospek Kuliah July 05, 2015 at 12:46

    kalau menurut saya, jurusan teknik adalah yang paling prospektif di masa depan, dan tentu saja semua bidang yang berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia, yaitu makanan dan kesehatan…

  15. muawiyah August 06, 2015 at 00:01

    maaf, saya tidak sependapat, karenan di daerah saya memang jurusan guru dan kesehatan langsung dapat kerja, tapi terdiri darai honorer, kontrak dan kerja bakti, penghasilan perbulan berbanding terbalik dari biaya kuliah. kalau hukum dan ekonomi sudah duluan banyak jadi pengangguran terdidik.
    kalu menurut saya kunci utama adalah sumber daya manusianya itu sendiri.

  16. wiji astuti October 18, 2015 at 23:14

    saya lulusan s1 fisika, tapi banyak perusahaan yang memandang sebelah mata jurusan fisika. mereka bilang “kenapa ga ngajar aja?” padahal saya bukan dari pendidikan

  17. Andi Nurul Fadilah October 31, 2015 at 08:51

    gan , gimana coba kalau kita tuh udah capek ngerjain semua tugas abis tuh yang keluar IPK yang ngga sesuai sama proses yang udah dilakuin

  18. Hisyam April 10, 2016 at 13:05

    Gan kalo jurusan TI kemungkinan kerjanya dimana aja gan

Leave a Comment