Cara Gampang Bikin Film Pendek Versi OUCH!


Share Button

116670_620 

Ouchers, ada yang cita-citanya jadi Sutradara ? Atau pengin bikin film pendek iseng-iseng ? Atau bahkan pengin jadi aktor dan aktris film pendek ? Nah, OUCH! pengin kasih tau lo semua cara gampang bikin film pendek nih Sob.

Sebenernya bikin film pendek itu ga susah kok Sob, asal ada niat dan udah tau mau bikin film pendeknya yang kayak gimana, pasti film pendek lo bakalan lancar jaya. Oke, berikut cara gampang bikin film pendek versi majalah OUCH! :

  • Hal pertama yang dibutuhkan untuk membuat film pendek adalah tim produksi. Membuat sebuah film pendek itu minimal harus punya tim produksi yang berjumlah 3-6 orang. Dan kuncinya adalah lo harus nemuin orang yang bener-bener pengin dan niat bikin film.

 

  • Kalo udah nemuin orang yang pas dan siap lo jadiin sebagai tim produksi, berarti lo udah harus mulai bagi-bagi tugas ke masing-masing orang tersebut. Dari mulai Sutradara, Produser, Penulis Skenario, Kameramen, dll. Oiya, berhubung tim produksi film pendek sangat minim, biasanya tugas-tugas tersebut bisa dirangkap lho. 1 orang berhak mendapat 2 tugas, dan balik lagi, lo harus nemuin tim yang solid.

 

  • Setelah lo udah bagi-bagiin tugas masing-masing, lo mulai pelajari job desc  lo masing-masing juga ya. Cari-cari juga referensi film yang menurut lo cocok dengan film pendek yang akan lo garap.

 

  • Sebelum mulai proses syuting, lo udah harus tau konsep dan tema film pendek yang akan lo buat Sob. Mulai juga hunting lokasi yang menurut lo dan tim cocok buat film pendek lo. Eits, jangan pernah lupa untuk membuat sebuah timeline ya Sob yang isinya jadwal-jadwal syuting, editing, dll.

 

  • Ngomongin bikin film pendek ga lepas dari perbincangan soal budget. Karena OUCH! tau kalian akan meminimalisirkan budget alias project dengan low budget, jadi lo dan tim harus berpikir se-kreatif mungkin untuk memanfaatkan budget yang ada.

 

  • Jangan pernah ragu malu ataupun gundah gulana buat minta pertolongan teman-teman lo untuk menjadi talent di film pendek yang akan lo garap. Teman yang baik itu, teman yang mau membantu temannya. Bukan begitu ?

Sob, bikin film pendek itu susah-susah gampang lho. Jadi lo harus memaksimalkan ke kreatifitasan lo sebelum melakukan hal tersebut. Makanya OUCH! ngasih tau gimana cara gampang bikin film pendek. Baikan kita ? Sun dulu dong!

 

 

 

Share Button

Vidette Glasses

a bit of this a bit of that .. HAHAH

More Posts - Website - Twitter - Pinterest - Google Plus


Comments


Leave a Comment