Cara Belajar Anak SMA Sebelum dan Sesudah Ada Internet


Share Button
Foto: beststudio.org

Foto: beststudio.org

Internet emang ngubah banyak hal Sob. Termasuk cara belajar anak SMA. Sejak ada internet, lo bisa ngerjain soal dengan mudah. Tinggal tanya ke Mbah Google, lo bakal nemu jawaban pertanyaan lo. Tapi, bisa lo bayangin ga, gimana ribetnya belajar di era sebelum ada internet?

Nah, OUCH! mau ngajak lo ngenal hal-hal yang bedain cara belajar anak SMA sebelum dan sesudah ada internet. Apa aja sih?

1. Yang Diandelin Cuma Buku

Buku catetan zaman dulu berfungsi banget. Masih inget kan sama modus pelajar zaman dulu yang suka pura-pura minjem catetan sekolah ke gebetannya. Itu tandanya catetan sekolah masih dibutuhin banget.

Zaman sekarang, catetan sekolah udah diduain. Lo pasti lebih suka ngandelin internet buat ngerjain tugas. Karena menurut lo, kadang apa yang ga lo temuin di buku catetan malah ada di internet.

Foto: pixabay.com

Foto: pixabay.com

2. Ketemu Guru Buat Nanyain Materi

Jelang ujian, sebagai ketua kelas lo harus dateng ke rumah salah seorang guru buat nanyain materi pelajaran. Ceritanya guru tersebut belum nyebar materi pelajarannya ke para murid. Terpaksa deh lo pergi ke rumahnya.

Zaman sekarang, lo ga perlu dateng ke rumah guru langsung. Kok bisa? Kan ada email. Guru tinggal ngemail materinya ke ketua kelas buat di-fotocopy.

Foto: www.radarcirebon.com

Foto: www.radarcirebon.com

3. Masih Rajin Ngerangkum Materi Pelajaran

Anak SMA zaman dulu, pasti perhatian banget sama materi yang ditulis di papan kelas. Kalo kelewatan, bisa berabe Sob. Tapi, kalo zaman sekarang, kebanyakan guru udah nyediain materi dalam bentuk Powerpoint yang siap dibagiin ke siswanya. Ga semua guru sih, tapi kebanyakan udah kayak gitu Sob.

Selain guru yang ngebagiin materi Powerpoint (PPT), murid-murid juga sering diminta bikin tugas dalam bentuk PPT.

Foto: wallpaperscraft.com

Foto: wallpaperscraft.com

Baca: Bedanya Hukuman Sekolah Dulu dan Sekarang

4. Guru Ngebolehin Murid Nyari Data Lain

Udah ga zamannya murid cuma nerima materi dari guru. Sekarang ini, guru ngebolehin muridnya buat cari data lain buat perbandingan materi yang disampein guru tersebut. Murid-murid udah biasa dibolehin buka hape buat browsing saat di dalam kelas.

Zaman dulu, boro-boro ada sistem kayak gini. Murid zaman dulu bakal nerima apa yang disampein guru, ga pake perbandingan data kayak sekarang.

Foto: berita9.com

Foto: berita9.com

5. Ngerjain Soal Pake Aplikasi

Perkembangan internet dan hape ga bisa dipisahin Sob. Di era internet, hape makin canggih. Bener ga? Nah, gara-gara smartphone juga, lo bisa download aplikasi yang ngebantu buat ngerjain tugas.

Kenal kan sama aplikasi Mathematics Mentors? Aplikasi ini bisa lho ngebantu lo ngerjain tugas Matematika. Atau, buat lo yang suka sama IPA, pasti kenal dong sama Speed Anatomy yang ngebantu lo ngenalin anatomi tubuh manusia.

internet-5

 

Gimana Sob, kalo boleh milih, lo sendiri lebih seneng sama cara belajar zaman dulu apa zaman sekarang nih?

Share Button


Comments


  1. Nita_Chiclie25 May 14, 2015 at 13:07

    Haha bermanfaat tuh…

Leave a Comment