Cara Belajar Albert Einstein yang Bisa Lo Tiru


Share Button

Einstein_1

Siapa sih yang ga kenal sama ilmuwan satu ini? Albert Einstein udah ga asing lagi di dunia ilmuwan. Di balik kesuksesan Einstein, doi punya cara belajar yang unik, Sob.

Lo yang mau ujian, kayaknya harus nyimak artikel OUCH! satu ini. Siapa tau trik belajar ala Einstein bisa ngebantu lo jelang UN.

1. Membuat Soal

Setelah baca materi, Einstein suka bikin soal-soal sendiri. Zaman sekarang mungkin udah jarang pelajar yang nerapin trik kaya gini. Soalnya, banyak buku pelajaran yang udah dilengkapin soal-soal buat pembacanya.

Kalo lo ngaku kreatif, lo bisa buat soal-soal sendiri. Soal yang lo buat sendiri ini punya dampak lebih besar lho daripada soal yang udah ada di buku pelajaran.

Einstein_2

2. Lebih Banyak Kerja daripada Bicara

Einstein orangnya pendiam. Dia lebih banyak kerja daripada ngobrol. Emang sih, kalo lo banyak ngobrol sama temen, bisa-bisa lupa sama tugas lo. Buat orang yang doyan ngomong, bakal susah nerapin trik Einstein satu ini.

Tapi, lo emang harus belajar untuk talk less do more, Sob. Biasain banyak kerja daripada banyak bicara.

Einstein_3

3. 35% Buat Mikir, 65% Buat Kerja

Di saat lo lagi asyik belajar teori, usahain siapin 35% waktu lo buat memahami teori tersebut. Selebihnya, lo bisa pake buat ngerjain soal. Einstein nerapin trik satu ini Sob. Dia lebih banyak gunain waktu buat bereksprimen.

Soalnya, pemahaman materi tanpa praktik hasilnya percuma. Sementara, kalo lo lebih banyak eksperimen, pemahaman lo sama materi pelajaran bakal lebih dalam.

Einstein_4

4. Bikin Metode Sendiri

Einstein suka ngembangin caranya sendiri daripada ngikutin metode orang lain. Setelah baca sebuah teori, Einstein mencoba nyelesein masalah dengan caranya sendiri. Hal ini susah diterapin kecuali kalo lo bener-bener paham teorinya.

Setiap orang emang punya cara belajar masing-masing, Sob. Bisa jadi, Einstein dengan segala keunikannya, emang ga bisa nerapin metode orang lain.

Einstein_5

5. Ambisius

Ambisi berarti punya semangat besar buat nyelesein masalah. Orang-orang kayak Einstein ga kenal kata “menyerah”. Kalo ia lagi bereksperimen, dia bakal kerja keras buat nuntasin eksperimennya.

Lo yang lagi sibuk-sibuknya persiapan UN, terus jaga semangat sampe ngeraih tujuan lo.

Einstein_6

Share Button


Comments


Leave a Comment