Call For Paper: Civil Engineering National Seminar Universitas Indonesia (CENS UI)


Share Button

Civil Engineering National Seminar Universitas Indonesia

Civil Engineering National Seminar Universitas Indonesia (CENS UI) merupakan sebuah seminar nasional yang diadakan setiap tahunnya oleh Ikatan Mahasiswa Sipil Universitas Indonesia yang membahas mengenai  isu-isu terkini mengenai dunia ketekniksipilan, dan pada tahun ini akan diadakan untuk ke-12 kalinya.

Sebagai awal dari rangkaian The 12th CENS UI dimulai dengan dibukanya pendaftaran peserta untuk Call For Paper pada tanggal 1 Juli 2015. Call For Paper ini merupakan suatu perlombaan karya ilmiah dimana diharapkan munculnya gagasan-gagasan baru untuk dunia teknik sipil dan pada tahun ini mengangkat topik “Preparing Indonesian Airport Development Through ASEAN Open Skies 2015”.

Pemenang dari Call For Paper selain mendapatkan uang tunai juga mendapatkan kunjungan ke perusahaan atau yang kita kenal dengan Company Visit ke Bandara Soekarno-Hatta. Rangkaian berikutnya berupa roadshow ke beberapa universitas seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara dan Universitas Parahyangan.

Dan dipenghujung acara dari rangkaian the 12th CENS UI ini ditutup dengan diadakannya seminar nasional, yang diisi oleh pembicara dari petinggi-petinggi Negara, CEO dari Garuda Airlines dan Air Asia ASEAN serta ahli-ahli dalam bidang ilmu ketekniksipilan baik dari dalam maupun luar negeri. Seminar Nasional ini mempunyai sasaran peserta sejumlah 300 orang, yang terdiri dari 50% mahasiswa dan 50% kalangan professional seperti konsultan konstruksi, kontraktor, dan stake holder terkait.

The 12th CENS UI pada tahun ini akan mengangkat tema “Readiness Air Transportation Infrastructur Towards ASEAN Open Skies Policy 2015”. Seperti yang kita tahu, bahwa ASEAN Open Skies Policy ini sedang menjadi berita terhangat bagi Indonesia, berita ini mulai kembali menjadi topik perbincangan bagi sejumlah elit negara karena akan berdampak bagi Indonesia, baik dari sektor ekonomi hingga sektor pariwisata.

Terlebih Kebijakan ini akan diterapkan pada tahun 2015. Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk dibahas dan dialami. Apakah Indonesia sudah siap dengan adanya kebijakan ASEAN Open Skies ini? Apa saja yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk memproteksi maskapai-maskapai lokal? Seberapa besar pembangunan yang telah disiapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi tantangan yang ada?

Itu semua akan terjawab dalam Seminar Nasional The 12th CENS UI yang akan diadakan pada tanggal 19 November 2014 di Flores Ballroom, Hotel Borobudur.  #daretoCENS.

Share Button


Comments


Leave a Comment