Bingung Pilih Jurusan IPA atau IPS


Share Button
Sumber : Google

Sumber : Google

Madam, mau gue mau sharing nih. Jadi gue dipaksa sama orang tua gue buat masuk jurusan IPA. Padahal nilai-nilai IPS gue jauh lebih bagus. Jadi serba salah nih Madam, harus nurutin kata orang tua atau gimana ya? Terima kasih Madam.

Friska via ouch@mycakrawala.com

Halo Friska, memilih jurusan saat SMA salah satu moment seru dan penting lho. Sebenernya Madam penasaran lo ga jelasin kalo lo sendiri lebih cenderung suka pelaran IPA atau IPS? Kemungkinan orang tua lo berharap lo nantinya kerja di bidang-bidang yang emang cuma bisa diisi sama orang yang sekolah di jurusan IPA. Ada beberapa tips nih dari Madam biar lo ga bingung pilih jurusan yang tepat buat lo.

Baca : Tips Bagi Waktu Antara Sekolah dan Ngurus Event

1. Pilih Sesuai Minat dan Bakat

Coba lo inget-inget, pelajaran apa di sekolah yang paling lo suka. Pelajaran yang berbau penelitian ilmiah, hitung-menghitung dan sejenisnya atau suka sama pelajaran yang sifatnya memprediksi, mengira-ngira atau berlogika secara nyata dalam kehidupan masyarakat atau sehari-hari. Kalo lo cenderung suka pelajaran ilmiah dan hitung-menghitung itu berarti lo cenderung berbakat di dunia IPA dan kalau sebaliknya, berarti lo berbakat di jurusan IPS.  Dua-duanya ga ada yang paling susah atau gampang lho. Karena keduanya dibutuhkan juga bakat dalam mendalaminya. So, sebelum lo pilih jurusan lo cek dulu bakat lo lebih condong kemana. Kenapa? karena biar lo enjoy ngejalaninnya dan ga ngerasa kejebak nantinya.

2. Pilih Sesuai Cita-cita

Ini gampangnya nih Sob. Lo pasti punya gambaran cita-cita lo di masa depan mau jadi apa dong? Nah lo bisa jadiin itu pegangan buat pilih jurusan lo. Sebenernya bisa aja sih orang yang sekolah jurusan IPA terus masuk ke ranah profesi orang-orang jurusan IPS tapi sayang banget ilmu IPA yang udah lo pelajarin 3 Tahun itu jadi ga kepake nantinya. So, kalau lo emang mau jadi Dokter ya lo bisa pilih IPA, kalo lo mau jadi Jaksa lo bisa pilih IPS.

3. Jangan Pilih Karena Gengsi

Lo pasti udah sering denger deh, kalau anak-anak IPA itu terkenal sama anak yang pinter-pinter, berprestasi dan bakalan cepet sukses nantinya. Jangan pernah mikir gitu ya Sob, karena itu pemikiran yang salah. Kenapa? Karena itu ga ada pengaruhnya sama sekali lho. Pinter, berprestasi atau sukses itu urusan individu masing-masing. Gimana lo mau jadi sukses atau gak, lo bisa mulai dari diri sendiri, bukan karena ikut-ikutan orang.

Baca : Antara Kegiatan Modeling dan Prestasi di Sekolah

Gimana Friska, kalo liat masalah lo sama orang tua lo. Saran Madam buat lo, sebaiknya lo diskusiin lagi masalah ini sama orang tua lo, apa alesan mereka maksa lo harus masuk IPA. Lo juga bisa jelasin kalau bakat lo emang ternyata di pelajaran-pelajaran IPS. Ajak orang tua lo diskusi di waktu santai ya kayak pas nonton tv bareng atau pas mereka lagi ga kerja dan ga sibuk pokoknya. Karena segala sesuatu yang dipaksai hasilnya ga akan baik, jadi lo harus bener-bener fikirin mateng-mateng sebelum lo milih jurusan ya.

Nah, buat lo yang punya uneg-uneg soal percintaan,atau masalah sekolah daripada lo pendem mendingan lo keluarin deh semua pertanyaan lo di rubrik “Curhat”. Seperti kata pepatah, “malu bertanya sesat di celana”. Kirim pertanyaan lo lewat email ke ouch@mycakrawala.com dengan subject curhat, atau bisa juga nanya langsung ke Twitter @majalahOUCH atau FB Majalah OUCH!.

 

Share Button


Comments


Leave a Comment