Biar Tahan Puasa Saat Liburan


Share Button

Ngga bisa dipungkirin, puasa di saat liburan itu godaannya segudang! Saat kita memiliki banyak aktifitas yang mengalihkan pikiran kita dari dahaga, mungkin kita jarang memikirkan makanan dan minuman. Tapi gimana kalo lagi liburan yang notabene banyak waktu kosongnya? Dari sahur sampe magrib itu rasanyaaa………… seperti 10x jam pelajaran sejarah.. lama!

Mau jalan-jalan ke taman hiburan, panas dan ngabisin tenaga. Kalo jalan ke mall yang adem, godaannya banyak! Diem aja di kamar… berasanya makin laamaa.. masa anak muda puasanya tidur2an doang? Mana jiwa mudanya??

Baca: Pacaran sehat di bulan puasa.

Tapi, ada baiknya sih puasa di saat liburan, selain ngga gitu ngabisin tenaga buat melakukan aktifitas-aktifitas berat seperti yang biasa kita lakukan sehari-hari, ada beberapa hal yang bisa kita upayakan buat meringankan puasa kita!

Beberapa diantaranya yang mungkin bisa kamu terapkan di bawah ini!

 

Bangun agak siang

bangun tidur siang

Bukan ngajarin ngga bener, jujur ajaa, liburan pada bangun siang kan? Hehehe.. sebenernya cara ini akan mengurangi waktu pagi kita. Mungkin beberapa dari kalian merasa kalau dari subuh sampai jam 12 itu lama banget, pas lewat tengah hari, waktu serasa berjalan lebih cepat.

Berhubung kalian ga usa pergi ke sekolah, boleh lah tambah waktu istirahat yang dipake buat sahur dengan bangun lebih siang dikit. Ada baiknya juga kamu ga langsung tidur setelah sahur, karena tubuh kamu butuh waktu untuk mencerna makanan yang baru kamu makan. Setelah sahur, baca artikel di majalahouch.com sejenak, agak subuh pagian baru deh balik ke ranjang.

Baca: Tips meningkatkan kinerja otak di pagi hari.

 

Banyakin aktifitas dalam ruangan

olahraga indoor

Matahari  di Indonesia yang senyumnya cerah sekali akan membuat kamu semakin gerah serta menguras cairan tubuh kamu. Hal ini bisa buat kamu jadi dehidrasi. Kekurangan cairah tubuh cukup berbahaya bagi tubuh, maka usahakan jangan terlalu banyak berpanas-panas ria dibawah sinar matahari. Karena hal itu bisa buat kamu pening dan dehidrasi. Beraktifitaslah seperti biasa di dalam ruangan.

 

Cari kesibukan pengalih perhatian

pengalihan dunia pria

Kesibuka yang ngalihin perhatian ga selalu ngabisin tenaga loh. Meskipun judulnya sibuk, tapi bisa hemat tenaga juga kok. Coba lakuin hobi kamu yang ga gitu ngabisin tenaga selama liburan. Ayo keluarin gitar ato biola kamu, asah lagi kemampuan kamu. Duduk di kursi dan latihan piano beberapa jam ga akan bosen dan ngabisin tenaga kok. Keluarin lagi partitur-partitur lama yang udah gapernah dimainin.

Buat yang suka nulis, kenapa ga lanjutin lagi cerita kamu yang nunggu di draft komputer? Ngetik cerita bakal bawa kamu ke dunia lain yang bikin lupa waktu. Udah lama ga gambar? Eksplorasi lagi imajinasi kamu, bikin ciptaan baru dan karya-karya kreatif yang ketahan karena kesibukan kamu selama hari sekolah! Ada banyak banget hal positif yang bisa dilakuin yang ga gitu ngabisin tenaga, tapi ngabisin waktu dengan positif.

Baca: 5 rahasia menjadi bahagia setelah putus cinta.

 

Makan perlahan saat sahur dan berbuka

ingat kalau lapar bukan update status

Ketika kita makan dengan cepat, kita akan merangsang saluran cerna kita untuk bekerja lebih cepat juga, karena mereka harus mempersiapkan tempat untuk makanan yang segera masuk. Hal ini membuat lambung bekerja lebih cepat, yang otomatis lebih cepat untuk minta diisi juga. Cobalah makan dengan santai dan perlahan, hal ini akan membiasakan perut kita mencerna secara perlahan, supaya kita ga cepat lapar.

 

Berolahraga

olahraga jempol

Puasa kok olahraga? Makin lenjeh doong! Eits, jangan salah. Setelah berolahraga, biasanya kita ga ngerasain lapar, dan tenaga yang terpakai akan buat kita ngantuk.  Untuk mengurangi rasa dahaga, kamu bisa kurangi kardio, ganti lari dan jogging dengan jalan santai di treadmill, untuk membakar lebih banyak kalori, naikkan incline.

Berhubung liburan, ketika kamu gapunya jadwal date, manfaatkanlah member gym kamu sebaik-baiknya. Olahraga, kemudian beristirahat di rumah, badan sehat, istirahat cukup, puasa ga terganggu.

 

Habiskan waktu bersama teman-teman

ngumpul bareng temen

Ga ada obat yang lebih manjur buat ngabisin waktu bareng temen-temen! Kalo udah ketemu temen, dari sahur sampe sahur lagi juga mampu deh! Tapi jangan kebanyakan gossip yah! Nanti malah batal puasanya! Abisin waktu berharga kamu bareng temen-temen, melakukan hal-hal positif. Percaya deh, mereka ga akan kehabisan ide buat spent waktu bareng kamu!

Baca: Tempat buka puasa anak SMA paling ramai di Jakarta.

 

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan!

Share Button

Comments


Leave a Comment