Berani Masuk Ruangan Paling Sepi di Dunia??


Share Button

Apa jadinya kalo lo dapet tantangan buat masuk ke ruangan paling sepi di dunia?? Mungkin lo bakal mau, karena kalo belum coba pasti merasa gampang banget. Eits, tapi ga semudah itu lho.

Orfield Laboratories adalah ruangan paling sepi di dunia, yang dinobatin sama Guiness World Record. Laboratorium yang ada di South Minneapolis, AS ini dibangun dengan konsep ‘anechoic chamber’ yang bener-bener 99,99 meredam suara. Wew, bener-bener sepi.

Ruangan ini dibuat dengan dinding lapis dua dari baja dan beton setebal satu kaki. Sepanjang dinding dipasang fiberglass acoustic dengan ketebalan 3,3 kaki yang ngebuat ruangan ini bisa meredam suara apa aja.

Suasana yang sepi bisa ngebuat lo mampu mendengarkan suara organ di dalam tubuh lo, kayak detak jantung dan bunyi dalam perut. Waduh kayak apa ya?? Kalo terlalu lama ada di ruangan ini, halusinasi bakal muncul perlahan dan ganggu konsentrasi lo. Dari awal pembangunannya, orang-orang cuma mampu bertahan maksimal 45 menit di ruangan ini, sampai akhirnya otak mulai diganggu halusinasi. Hiiiii, serem juga yaaa!

Terus buat apa alat ini dibuat? Orfield Labs diciptain buat menguji kualitas suara produk, kayak alat musik, sampe alat elektronik. Contohnya produsen motor Harley Davidson yang gunain Orfield Labs untuk membuat suara motor ga terlalu bising. Sama halnya kayak lembaga antariksa NASA yang make ruangan ini, buat mengetes ketahanan calon astronot buat berada di ruangan tanpa suara.

Share Button

Comments


Leave a Comment