Ini Yang Bikin Mata Merah Pas Berenang


Share Button

renang-cover-2

Sering kan mata lo merah pas renang. Banyak yang bilang, mata merah pas renang gara-gara kelamaan di kolam renang. Tapi, tau ga lo penyebab sebenarnya? Yuk ngulik bareng OUCH! soal penyebab mata merah pas renang.

Ada peribahasa yang bilang, “Berenang sambil minum air.” Gimana kalo peribahasa itu dipanjangin lagi. Ga cuma sambil minum air, kita pun sering berenang sambil buang air kecil di dalam air. Gitu deh kebiasaan orang-orang pas lagi renang.

Padahal nih, Sob, air seni yang nyampur dengan air kolam renang itu bahaya banget. FYI, penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat ngasih fakta baru, kalo urine atau cairan air seni itu penyebab mata merah pas renang.

renang-cover

Baca: Bon Jovi Buka Restoran Gokil, Makan Sepuasnya Bayar Seikhlasnya

Selama ini mungkin lo nganggep mata merah pas renang karena kaporit. Salah Sob! Yang bikin mata lo merah adalah kandungan urine dan air keringat yang bercampur dengan klorin. Apaan nih? Itu tuh, zat pemutih yang difungsiin buat bersihin air.

Ga cuma bikin mata merah saat renang, tapi juga bisa bikin diare dan penyakit kulit lainnya. Waduh… bahaya juga ya. 

“Sebaiknya perenang tidak buang air dan bakteri di dalam kolam. Mandi dulu sebelum berenang dan jangan paksakan renang kalo sedang diare. Usahakan agar tidak menelan air kolam saat berenang,” tutur  Dr. Michael J Beach dari CDC Amerika Serikat.

renang-2

Baca: Cewek Ini Koleksi 8.900 Boneka Winnie the Pooh

Penginnya sih sehat lewat renang, tapi kalo air kolamnya kotor karena urine, bisa-bisa malah penyakit yang lo dapet Sob. So, stop kebiasan buang air kecil di kolam renang deh. He he he.

Share Button


Comments


Leave a Comment