Benarkah Hand Sanitizer Ampuh Melawan Virus Corona?


Share Button

 

Image Source: The Healthy Side

Image Source: The Healthy Side

Menyebarnya virus corona hingga menimbulkan ratusan korban jiwa, tentunya membuat masyarakat diseluruh dunia menjadi lebih waspada, dimulai dari memakai masker hingga selalu mencuci tangan, baik sebelum makan, dan setelah bersin.

Selain mencuci tangan dengan air dan sabun antiseptic, masyarakat mencari alternatif dengan menggunakan hand sanitizer yang dinilai lebih praktis dan dapat di bawa kemana-mana.

Namun menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencuci tangan dengan air dan menggunakan sabun antiseptic dinilai lebih ampun untuk mengusir kuman dibandingkan dengan penggunaan hand sanitizer walaupun memiliki kandungan alcohol 60 hingga 95 persen.

Begitu juga dengan tissue basah antiseptik, menurut dokter Marimuthu, tissue basah antiseptik hanya ampuh digunakan untuk membersihkan permukaan benda dan lingkungan, hingga tidak memiliki fungsi untuk menghilangkan kuman di tangan.

Bahkan, berdasarkan penelitian ahli virology dari Queen Mary University of London beberapa tahun lalu menunjukkan penggunaan tissue basah dalam beberapa kasus akan menyebarkan kuman.

 

Source: Dreamers.id

Share Button


Comments