Begini Cara Astronaut Kencing di Luar Angkasa


Share Button
Foto: www.scgexperience.co.th

Foto: www.scgexperience.co.th

Hidup di luar angkasa beda sama di bumi. Ga ada gravitasi Sob. Mau jalan juga susah, apalagi mau kencing. He he he. Nah, bisa ga lo bayangin gimana cara Astronaut kencing di luar angkasa? Atau, bisa lo bayangin bentuk toilet yang ada di sana?

Ada fakta unik nih Sob. Ketika para Astronaut pergi ke luar angkasa, mereka selalu dibekali pesawat dengan toilet yang beda dari pesawat biasa. Seperti yang lo tau, Sob, di luar angkasa itu ga ada gravitasi kan. Nah, kalo lo kencing sembarangan, bisa-bisa air kencing lo terbang ke mana-mana. Niatnya buang air kecil, eh, malah muka lo yang kena air kencing sendiri.

Buat ngakalin keadaan ini, toilet pesawat luar angkasa didesain secara berbeda. Letak perbedaannya di mana sih?

Seorang astronaut asal Italia, Samantha Cristoforetti mencoba ngejelasin bentuk dari toilet pesawat luar angkasa. Menurut doi nih, toilet di sana dibekali selang dengan teknologi penghisap air. Jadi, dengan teknologi tersebut, air kencing ga bakal terbang ke mana-mana.

Toilet astronot. Foto: soncosasmias.com

Toilet astronaut. Foto: soncosasmias.com

“Untuk buang air kecil, toilet ini memiliki sebuah selang karet yang berisi teknologi penghisap air. Saat urin turun maka selang itu langsung menghisap air agar tidak mengambang,” tutur Samantha dikutip dari ESA baru-baru ini.

Baca: Serba-Serbi Jurusan Kuliah Komunikasi Yang Mesti Lo Tahu

Setelah air kencing diserap, selanjutnya didaur ulang buat dijadiin air yang layak minum. Serius nih? Iya Sob… mesin bernama¬†UPA ini bisa mengubah air kencing jadi air layak minum buat para astronaut.

Gimana kalo mau boker? Prosesnya hampir sama kok. Cuma menurut Samantha, para astronaut harus jaga keseimbangan. Sebab toilet di pesawat luar angkasa sempit banget.

Samantha menjelaskan teknologi di toilet pesawat luar angkasa. Foto: .viva.co.id

Samantha menjelaskan teknologi di toilet pesawat luar angkasa. Foto: .viva.co.id

Samantha ngelanjutin, sebenarnya segala sesuatu di bumi bisa dilakuin di luar angkasa. Cuma caranya aja yang beda. Nah, dengan teknologi ini, lo bisa nyimpulin, ga ada yang ga mungkin di dunia ini. Selalu ada jalan keluar buat nyelesein masalah.

Share Button


Comments


Leave a Comment