Bedanya Hukuman Sekolah Dulu dan Sekarang


Share Button
Foto: says.com

Foto: says.com

Setiap sekolahan pasti punya aturan yang harus ditaati siswanya. Bener ga? Ngebahas soal hukuman sekolah, ternyata setiap era beda-beda lho hukumannya. Coba deh tanya ke nyokap-bokap lo, hukuman sekolah zaman dulu pasti beda sama zaman sekarang. Apa aja sih bedanya?

Hukuman Zaman Sekarang Lebih Kreatif

Makin ke sini, guru-guru makin kreatif ngehukum muridnya yang ngelanggar aturan. Zaman dulu, orang-orang ngenal hukuman sekolah dalam bentuk disuruh berdiri, dikeluarin dari kelas, atau disuruh bersihin toilet. Nah, sekarang lebih kreatif lagi Sob. Emang hukuman sekolah zaman sekarang gimana sih?

  • Nyiram Bunga Bagi yang Telat

FYI nih, di SMAN 4 Kota Magelang, siswa yang telat disuruh nyiram bunga Sob. Wah, nyiram bunga? Seru juga tuh. Sekolah satu ini emang sering ngelibatin siswanya buat jaga kebersihan sekolah. Atas prestasi di bidang itu, mereka dapet Piala Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2014.

Foto: www.cosmoflowers.com

Foto: www.cosmoflowers.com

  • Telat? Lo Harus Baca Alquran Dulu!

Selain itu, ada juga hukuman baca Alquran bagi yang telat. Mereka yang telat ga boleh masuk sebelum baca Alquran tiga ayat. Ada juga aturan yang beda dari zaman dulu. Mereka yang ga pake sepatu sesuai aturan sekolahan, bakal disita sepatunya sampe jam sekolah selesai. He he he.

Foto: news.headline.kz

Foto: news.headline.kz

 

Lebih Disiplin Zaman Dulu

Lo boleh deh kasih acungan jempol buat kedisiplinan sekolah zaman dulu. Guru-guru ga ngasih toleransi buat pelajar yang kukunya panjang. Mereka yang kukunya panjang bakal kena sentil atau dipukul sama penggaris. Biasanya yang ngadain hukuman kayak gini guru agama.

  • Kuku Panjang Kurang Diperhatiin

Kalo sekarang, hal-hal kayak gitu kurang diperhatiin. Yah, mungkin eranya udah beda kali. Murid-murid cewek pada ngerawat kukunya agak panjang. Berhubung ada yang namanya manicure, kuku pelajar zaman sekarang rata-rata pada rapi semua.

“Aku ga pernah kena hukuman karena kuku panjang. Karena emang ga ada, tapi murid-murid kukunya pada rapi kok,” tutur Dizka Krisanti (@dizkaaaaa) dari SMA Sumbangsih.

Foto: www.dreamersradio.com

Foto: www.dreamersradio.com

  • Aturan Rambut Pendek Kurang Begitu Ketat

Selain kuku, rambut juga sangat diperhatiin zaman dulu. Sekarang, ada sih sekolahan yang masih nerapin aturan rambut pendek, tapi banyak juga yang ngebolehin pelajarnya manjangin rambut.

Foto: www.satugen.com

Foto: www.satugen.com

Baca: Tren Fashion Dulu dan Sekarang

 

Hukuman yang Masih Berlaku Sampe Sekarang

Ada perbedaan, ada juga kesamaannya Sob. Ngomong-ngomong nih, ada beberapa hukuman yang diberlakuin di zaman dulu, dan masih berjalan sampe sekarang.

  • Berdiri di Depan Kelas

Jangan berisik, atau lo harus berdiri di depan kelas. Hukuman kayak gini masih berlaku dari dulu sampe sekarang. Berdiri di depan kelas ga cuma bikin lo capek, tapi juga bikin lo malu di depan teman sekelas lo. Lebih-lebih kalo lo punya gebetan satu kelas. Duh, tengsin abis.

Foto: slideplayer.biz.tr

Foto: slideplayer.biz.tr

  • Dikeluarin dari Kelas

Yang ga ngerjain tugas, siap-siap ga bisa ngikutin pelajaran. Guru bakal nyuruh lo keluar dari kelas karena lo ga nurutin aturan yang udah dibuat. Makanya Sob, kerjain tugas dong. Sayang kan kalo lo sampe ga ikutan satu mata pelajaran.

  • Hukuman Pengurangan Nilai

Nilai udah pas-pasan, masih juga dikurangin gara-gara ngelanggar aturan sekolah? Hukuman pengurangan nilai ternyata masih berlaku lho. Guru terpaksa ngurangin nilai lo karena lo yang ga insaf-insaf.

Foto: cs.wikihow.com

Foto: cs.wikihow.com

  • Nulis Permintaan Maaf

Kenapa ya, guru-guru suka banget nerapi hukuman satu ini. Dari dulu sampe sekarang, masih ada aja guru yang nyuruh muridnya nulis kalimat permintaan maaf gara-gara sikapnya. Contoh, lo yang ketahuan ngerokok di sekolahan, bakal diminta nulis kalimat, “Saya berjanji tidak akan merokok lagi.” Sampe 10 bahkan 50 lembar.

Ada-ada aja ya hukuman sekolah dari zaman dulu mau pun zaman sekarang. Nah, kalo hukuman di sekolah lo gimana Sob? Share sama OUCH! yuk.

 

Share Button


Comments


  1. fayad May 13, 2015 at 10:54

    Tapi disekolahan aku SMP IHSANIYAH tegal masih ada tuh periksa kuku sama rambut

  2. Badar May 14, 2015 at 06:59

    Di sma aku Sma Negeri 11 kalo telat di suruh bersihin halaman sekolah dari daun-daun kering atau di suruh lari putarin lapangan

  3. el adiew May 15, 2015 at 10:03

    tapi di sekola ku lebih kren klo telat sekola di suruh pulang…..

    1. fitri May 15, 2015 at 12:56

      keren gmna coba…kan gx ngikuti pelajaran
      kan jdi ketinggalan pelajrn

  4. fitri May 15, 2015 at 12:54

    hahahahah…bettul bngt tuh
    katanya jaman dulu ituh lebih disiplin

  5. Anisa May 15, 2015 at 18:04

    Di sekolahku disuruh bawa tanaman kalo telat. Sekali telat bawa 2 tanaman, 2 kali bawa 4, 3 kali bawa 8

  6. nina May 16, 2015 at 06:35

    Smk 1 sby malah nerapin kalo telat di suruh ngerangkum 1 buku dan duduk di bawah panas panasan, kalo untuk sepatu sm kuku ketaattttt banget. peraturannya ketat bgt

  7. Asadel May 16, 2015 at 07:31

    klo di SD aku harus nulis 1 buku

  8. Irfan May 16, 2015 at 17:27

    Klau di skolahku murid ngeluarin duit yg trlambat pungut sampah, dan bsok di sruh bli sapu..

  9. doni May 16, 2015 at 18:58

    kalo di sekolahan saya biasanya di coret muka nya pake spidol

  10. liharman May 27, 2015 at 16:06

    diskolah kami masalah rambut tak ada habis nya

  11. sheren aruni July 08, 2015 at 22:19

    klo aku di smp kartia v1 balikpapan,, klo telat pasti d suruh pungut sampah,, klo upacara gk lengkap disuru pulang dan ngelengkapi ny kembali,, klo gk ngerjain tugas disuruh ngerjain d dpan kls tpi 5kali,,

Leave a Comment