Beda Pendapat Sama Ortu, Ini Solusinya


Share Button

085100400_1441098057-ortu

Gimana ya, Madam. Aku bingung sebab beda pendapat sama ortu. Keluargaku nuntut aku buat kuliah. Padahal akunya pengin kerja dulu dan punya penghasilan sendiri baru kuliah, tapi ga dibolehin sama orang tua. 

(Vania)

Jawaban:

Halo Vania. Curhatan lo bener-bener keren. Lo punya semangat buat dapat penghadilan sendiri di usia masih muda. Saat lo ngerasain beda pendapat kayak gitu, mungkin ulasan ini bisa bermanfaat buat nyelesein beda pendapat lo sama ortu.

1. Jempol Buat Semangat Lo

Pertama Madam pasti kasih jempol buat niat lo yang pengin kerja dulu. Sebab punya niatan pengin dapat penghasilan sendiri saat masih remaja itu keren banget Sob.

2. Mungkin Kali Ini Lo Harus Ngalah

Di saat lo punya niatan buat kerja (dan nantinya kuliah pake uang sendiri), ternyata ortu lo lebih pengin lo kuliah dulu. Mungkin ortu lo khawatir soal masa depan lo. Dengan bekal pendidikan di jenjang kuliah, ortu lo berharap lo bisa dapat pekerjaan atau ilmu yang lebih matang.

Menurut Madam, lo harus ngalah dan nurunin ego. Ga papa deh kuliah dulu. Sebab, kuliah juga bekal penting buat masa depan Sob.

3. Hidup itu Ada Fase-nya

Bener banget. Hidup itu ada fasenya. Ada saatnya lo sekolah (soal keuangan biar ortu yang ngurus), dan ada juga saat di mana lo harus mandiri. Saat lo baru lulus SMA, lo harus mendahulukan pendidikan Sob. Meski baik juga sih kalo lo bisa ngejalanin dua-duanya: sekolah dan nyari penghasilan sendiri.

Beda pendapat sama ortu kadang emang bikin pusing. Tapi kalo ngerti niat baik mereka, kita juga bakal bisa nerima kok Sob.

Baca: Saat Cinta Terhalang “Faktor U”

Nah, buat lo yang punya uneg-uneg soal percintaan, daripada lo pendem mendingan lo keluarin deh semua pertanyaan lo di rubrik “Curhat”. Seperti kata pepatah, “malu bertanya sesat di celana”. Kirim pertanyaan lo lewat email ke ouch@mycakrawala.com dengan subject curhat, atau bisa juga nanya langsung ke Twitter @majalahOUCH atau FB Majalah OUCH!.

Share Button


Comments


Leave a Comment