Bangunan Kayu Tertinggi Di Dunia


Share Button

Foto: worldheritage.com

Kata siapa bangunan dari dari beton dan semen paling kuat? Dan bangunan dari kayu ga bakal kuat? Ada nih Sob buktinya bangunan yang terbuat dari kayu yang canggih banget.

Ada sebuah bangunan gereja dari abad ke-17, bernama Kizhi Pogost, yang seluruhnya terbuat dari kayu. Bangunan ini berusia lebih dari 150 tahun, gereja warisan dunia yang berasal dari Rusia tersebut menjadi bangunan tertinggi di dunia yang terbuat dari kayu. Gokil Sob!

Kizhi Pogost udah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tahun 1990. Kayu menjadi bahan utama bagunan indah ini, mulai dari atap, dinding, bahkan mur dan bautnya.

Gereja ini memiliki  22 kubah mirip kubah masjid, yang diberi nama cupolas. Kubah tertingginya mencapai 121 kaki atau setara 36,88 meter.

Walaupun mengalami beberapa kali renovasi, tetapi masih pake bahan-bahan dari kayu-kayu berkualitas. Bentuk bangunannya juga belum banyak berubah.

Menara loncengnya diciptakan oleh Sysoj Osipov, sampai sekarang gereja ini juga masih digunakan untuk beribadah. Gereja ini terletak di danau Onega tepatnya di sebuah pulau kecil bernama Kizhi.

 

Share Button

Toshio

I could be brown, I could be blue, I could be violet sky, I could be hurtful, I could be purple I could be anything you like

More Posts



Comments


Leave a Comment