Atambua 39° Celcius Laris Manis di Tokyo


Share Button

Wajib bangga nih Sob, ada film Indonesia banyak ditonton sama orang asing. Sebanyak 644 tiket yang tersedia untuk World Premiere film “Atambua 39° Celcius” di ajang Tokyo International Film Festival (TIFF), 24 Oktober lalu, laris terjual.

Film tersebut merupakan karya pertama “duet maut” Mira Lesmana (produser) dan Riri Riza (sutradara), setelah tiga tahun absen ga bikin film baru. Ga ada yang nyangka film besutan mereka bakal dapat sambutan luar biasa dari publik luar negeri. Hal ini juga ga bikin  Mira langsung pede untuk memutar filmnya secara luas di bioskop Tanah Air.

“Atambua 39° Celcius” cuma akan diputar di 20 layar yang tersebar di kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, dan Makassar.

“Untuk sementara terbatas dulu. Mungkin karena film ini cukup spesifik. Bukan mass audience. Bukan kayak ‘Laskar Pelangi’ yang kami putar di 150 layar,” kata Mira.

“Atambua 39° Celcius” cerita soal kehidupan Juao dan ayahnya, Ronaldo, yang ngungsi dari Timor Leste 13 tahun lalu dan tinggal di kota Atambua. Lewat kehidupan ayah dan anak ini, Mira nyoba motret berbagai kesulitan hidup mayarakat perbatasan, khususnya para pengungsi pasca-referendum, yang hampir dilupain.

“Waktu jaman eksodus dulu semua mata tertuju ke Timor. Tapi setelah ada di pengungsian, mereka kayak dilupain. Banyak yang belum punya listrik, pendidikan minim, juga trauma dari perpecahan politik yang ada,” jelas Mira.

“Atambua 39° Celcius” bakal mulai diputar di Indonesia tanggal 8 November 2012. Musti kudu wajib nonton nih Sob. Menambah pengetahuan dan wawasan lo soal rasa kebangsaan yang sebenarnya. Tsaaaaah!

Share Button


Comments


Leave a Comment