Arab Saudi Bikin Kota Khusus Cewek


Share Button

Setelah ngirim atlit cewek berlaga di Olimpiade 2012, kini Arab Saudi bakal bikin gebrakan lagi. Pemerintah berencana untuk bikin kota yang dirancang khusus menampung penduduk cewek. Tujuannya agar kaum hawa dapat mengejar karier dan bekerja mencari nafkah secara lebih leluasa.

Kota yang berbasis industri tersebut akan dibangun di Hofuf, sebuah kota di Provinsi Timur. Otoritas Industri Properti Saudi (Modon), yang bertanggung jawab ngembangin kota khusus itu, berharap proyeknya bisa dibuka tahun depan. Dalam perkembangannya nanti diharapkan Hofuf dapat nyiptain 5 ribu lapangan kerja dalam industri tekstil, farmasi dan pengolahan makanan industri yang bisa dikerjain cewek.

Modon juga nambahin, kota industri itu bakal dilengkapi dengan lingkungan dan kondisi kerja yang sesuai sama peraturan Islam dalam hal privasi perempuan. Kalo sampe terealisasi, maka ini adalah yang pertama bagi negara-negara Teluk.

Arab Saudi emang punya kesenjangan pekerjaan sebesar 23 persen antara cowok dan cewek. Diskriminasi ini ngundang kritik dari kelompok hak asasi perempuan yang akhirnya bisa membuat pemerintah memperkerjakan cewek di toko pakaian dalam dan kosmetik. Sedangkan Raja Abdulah udah ngumumin kalo cewek akan dibolehin milih dalam pemilihan lokal 2015.

Share Button


Comments


Leave a Comment