Apa Sih Alter Ego Itu???


Share Button

Pernah ga sih lo ngerasain benci ama diri sendiri dan ngerasa pengin jadi orang lain yang benar-benar beda sama diri lo yang sekarang?

Sebagian orang yang mengalami perasaan ini kayak gini ada yang nyoba jadi orang lain dengan merubah dandanan, perilaku, pola pikir dan sebagainya pada saat berada di lingkungan atau tempat lain.

Nah, yang kayak gini ada yang menyebutnya sebagai Alter Ego. Hmm kira-kira Alter Ego itu apa ya?

Kalo menurut Om Wiki, yang namanya Alter Ego (dalam Bahasa Latin artinya “aku yang lain”) merupakan diri kedua yang dipercaya beda banget dari kepribadian yang sebenarnya.

Beuh, ribet juga ya artinya.

Baca: 6 cara deketin seseorang hanya bermodal mulut.

Kalo menurut Om Google beda lagi  nih Sob. Ternyata Alter Ego biasanya disebabin sama trauma ataupun ketakutan yang sangat besar di masa lalu. Atau sebut aja Alter Ego itu diciptain sama seseorang secara ga sadar karena trauma, takut akan sesuatu yang terjadi di masa lalu terulang lagi.

Kepribadian baru yang dibentuk ini sifatnya bertolak belakang banget dari sifat/karakter asli dan awalnya dia ga akan sadar kalau dia punya dan udah membentuk pribadi yang lain tersebut.

Keberadaan diri yang lain atau Alter Ego ini pertama kali dikenal di tahun 1730-an oleh Anton Mesmer. Dia menggunakan hipnotis untuk misahin Alter Ego. Percobaan ini nunjukin pola perilaku berbeda dari kepribadian sesorang dalam keadaan sadar dibandingin saat terhipnotis.

Pernah kebayang gak kalau karakter putri disney itu punya alter ego yang beda banget sama yang ada di film kita nonton?

alter-ego-karakter-disney

Waduuuh, kok jadi ngeri gini yaaak?!

Baca: 4 kenikmatan sesungguhnya dari pacaran jarak jauh (LDR).

Oke, biar ga terlalu ngeri gini aja Sob.  Kalo lo ngerasa punya Alter Ego, itu bisa lo manfaatin ke arah positif, misalnya ber-aku yang lain dalam menulis. Lo bisa jadi aku yang lain dengan membuat alur cerita dan menuangkannya dalam sebuah cerita. Beuh, lo bisa jadi terkenal lho karena Alter Ego lo itu.

Tapi perlu diwaspadain juga nih, Alter Ego bisa jadi masalah serius kalo lo ga bisa ngendaliin pribadi lo yang lain. Lo bisa benar-benar kehilangan jati diri lo yang sebenarnya. Lo bakal jadi orang lain yang benar-benar ga dikenal sama orang terdekat lo apalagi orang lain, mereka bakal ngerasa jauh sama lo.

Waduh, jangan sampe kejadiaan yaaak. Amit-amit euy!

Eits, kalo lo pikir orang yang punya Alter Ego itu sakit jiwa, salah banget Sob! Artis-artis yang keren dan beken banget di jaman sekarang ternyata juga punya Alter Ego lho.

Lady Gaga dan Katy Perry adalah dua dari artis hollywood yang sukses ber Alter Ego dalam karirnya. Alter Ego malah jadi strategi pasar yang unik buat mereka.

Lady Gaga

Si Mother Monster ini ternyata adalah artis/penyanyi yang paling nonjol dalam mengeksplor Alter Egonya. Dalam setiap Alter Egonya dia selalu nampilin karakter nyentrik dan unik. Alter Egonya Lady Gaga malah ada beberapa lho Sob.

Baca: 9 kegunaan peralatan mandi yang bikin gampang hidup lo.

–          Jo Calderone. Bikin geger waktu tampil di MTV VMA  di Teater Nokia 2011 lalu. Dia adalah Alter Ego laki-laki Gaga yang diakuinya berasal dari New Jersey.

–           Yuyi The Mermaid. Putri duyung ini adalah Alter Ego yang dibikin Gaga berupa putri duyung dengan sirip hijau. Yuyi dan Jo Calderone tampil di video klip Lady Gaga berjudul  “You and I”.

Katy Perry

Alter Ego yang dimunculin sama katy adalah Kathy Beth Terry, perempuan kutu buku dengan behel gigi yang sangat menonjol. Sebenarnya, Katy udah nampilin Alter Egonya di video klip Last Friday Night (TGIF), tapi dia ga pernah nge-klaim secara resmi Kathy Beth Terry sebagai Alter Egonya.

Baca: Lady gaga berubah demi pacar.

Selain Lady Gaga dan Katy Perry, ada juga Christina Aguilera dengan Xtina, Beyonce dengan Sasha Fierce, Eminem dengan Slim Shady dan masih banyak lainnya. Well, mereka emang sukses banget ngejadiin Alter Ego mereka sebagai pribadi unik yang pastinya ga merusak jati diri mereka yang sebenarnya dong.

Website kesayangan lo ini ternyata juga ditulis sama Alter Ego dari penulis-penulis keceh lho Sob.

–          Toshio: I could be brown, I could be blue, I could be violet sky, I could be hurtful, I could be purple I could be anything you like. Si Toshio ini pasti kepribadian aslinya ga boleh galau Sob, makanya di Alter Ego dia pengin jadi orang yang galau abissss.

–          Sam: “Friendship is everything. Friendship is more than talent. It is more than the government. It is almost the equal of family.- Don Corleone”. Si Sam ini kayaknya kurang rada percaya sama namanya friendship, hmmm jangan-jangan lagi galau karena dikhianatin sahabatnya kali yak?!

–          Miss September: Passion and Dreams Staying Alive. Beuuh, si Miss September ini kayaknya kepribadian aslinya cepet nyerah dan putus asa nih. Alter Egonya semangat abissssss.

–          Vidette Glasses: a bit of this a bit of that .. HAHAH. Si Vidette Glasses ini ketauan banget kepribadian aslinya takut nyoba sesuatu yang baru. Makanya di Alter Ego dia pengin nyoba semuanyaaaa.

Penasaran sama kepribadian asli tim OUCH? Dateng aja langsung Sob ke kantor kita di Jalan Barito 2 No 7 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Jangan lupa bawa makanan yang enak-enak yaaak.. :D

Nah, Alter Ego lo sendiri gimana Sob? Ayo jangan malu-malu, langsung aja share……

Share Button

Sam

“Friendship is everything. Friendship is more than talent. It is more than the government. It is almost the equal of family.- Don Corleone”

More Posts - Google Plus



Comments


  1. PerempuanAngin July 29, 2013 at 19:30

    berarti nama “Perempuan Angin” ini juga alter ego dong? Nama ini aku pakai buat nulis puisi di twitter karena sebenernya aku kurang percaya diri kalo mau nulis puisi di akun twitter asliku…hehehe. oh iya makasih yah buat infonya. :yes:

Leave a Comment