Apa Kabar Kotak Saran? Hari Gini, Masih Fungsi Ga Sih Benda Satu Ini?


Share Button

DSC00563

Jaman dulu, saat belum ada teknologi bernama SMS, BBM atau Whatsappp, kotak saran masing berfungsi banget. Kotak ini bisa jadi penampung kritik dan saran banyak orang. Termasuk juga uneg-uneg para murid. Setelah lahirnya era digital, apa kabar kotak satu ini?

Eits, jangan salah Sob. Di saat banyak sekolahan yang udah ga terlalu ngefungsiin kotak saran, ternyata masih ada lho SMK di Bekasi yang murid-muridnya masih suka ngirim kritik lewat korak saran. Namanya SMKN 1 Bekasi. Berdasarkan penuturan Pak Naman selaku Wakil Kesiswaan, setiap ada keluhan banyak murid yang nyampein lewat media satu ini Sob.

Selama ini sih, keluhan yang sering masuk di kotak saran lebih banyak soal guru. Di SMKN 1 Bekasi, murid-murid emang dianjurin buat ngirim kritik soal guru pengajar Sob. Kalo emang ada guru yang cara ngajarnya ga bagus, pelajar SMKN 1 Bekasi langsung kirim surat lewat kotak saran.

“Banyak sih keluhannya. Misalnya kalo ada guru yang ngajarnya terlalu banyak becanda, murid-murid pasti ngirim surat tuh. Pak ini gurunya banyak becanda daripada ngebahas materi pelajaran,” jelas Pak Naman soal isi keluhan murid.

Selain soal cara mengajar guru, isi kotak saran juga bisa berupa kritik soal fasilitas sekolahan. Pelajar di SMKN 1 Bekasi ga malu buat ngadu ke sekolahan kalo ada bangku yang patah, atau fasilitas sekolahan lainnya yang butuh perbaikan.

Sebenarnya, di SMKN 1 Bekasi sendiri udah ada SMS Center saat ini Sob. Tapi, fungsi kotak saran di sekolahan satu ini ga kegeser kok. Meski di sisi lain juga banyak murid yang ngirim keluhannya lewat SMS Center.

Apa yang dikeluhkan murid, akan segera ditindaklanjuti oleh pihak guru. Termasuk soal keluhan cara mengajar. So, masih berfungsinya kotak saran di SMKN 1 Bekasi perlu dijadiin contoh Sob. Kalo mau dapat proses belajar mengajar yang baik, setiap sekolahan emang harus punya keterbukaan soal kritik dan saran Sob. Setuju?

Baca: Gimana Sih Cara Kenalan Sama Cowok?

Lo juga bisa daftarin sekolah lo buat diliput jadi artikel OUCH! selama sebulan, lho. Caranya, kirim kontak guru kesiswaan atau humas sekolah yang bisa dihubungi ke email ouch@mycakrawala.com.

 

Share Button


Comments


Leave a Comment