Anak Muda Cinta Budaya 10th National Folklore Festival


Share Button

IMG_4096

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia baru aja nyelenggarain acara 10th National Folklore Festival. National Folklore Festival (NFF) adalah acara kompetisi paduan suara dan tari bernuansa budaya terbesar di Universitas Indonesia. Kompetisi ini diikuti oleh peserta se-Indonesia yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu SMA, universitas, dan umum. Total peserta NFF tahun ini 1.612 peserta yang terdiri dari 35 tim paduan suara dan 42 tim tari, serta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Bisa bayangin ga gimana megahnya acara ini.

IMG_4100

10th NFF diselenggarain pada tanggal 8, 10, dan 11 Maret 2016 di Auditorium Gedung IX Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Di tahun yang ke-10 ini, NFF mengusung tema Sanskardhani, dari bahasa Sansekerta, yang berarti hidup dalam budaya. “Tema yang dibawain kali ini merupakan suatu harapan, sekaligus ajakan bagi para pemuda untuk mengintegrasikan ragam budaya Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, di tengah derasnya arus budaya asing yang masuk. Ya, salah satunya dengan menyanyikan lagu daerah dan menari tari tradisional di ajang lomba NFF ini,” ujar Muhammad Nauval, project officer 10th NFF.

Dalam balutan busana khas Indonesia, para peserta berusaha mempersembahkan penampilan terbaiknya. Lantunan nada peserta paduan suara serta gerakan gemulai peserta tari nunjukkin mahakarya Indonesia yang keren banget Sob. Bikin semua mata penonton terpukau. Untuk penilaiannya NFF punya juri-juri yang keren di bidang paduan suara dan tari tradisional. Kayak, soprano Indonesia Ibu Aning Katamsi dan pengamat serta praktisi tari tradisional Ibu Haryati Abelam.

IMG_4088

 

Setiap harinya sorak haru peserta terdengar dari setiap peserta yang menang dalam kompetisi paduan suara ataupun tari. Antusias penonton juga rame banget. Intinya, NFF diselenggarain buat wadah pemuda-pemudi untuk melestarikan dan mencintai budaya Indonesia. Para panitia punya misi untuk mewujudkan tagline NFF, Anak Muda Cinta Budaya!

Wah, keren kan Sob acaranya. Buat lo yang kemarin ga sempet ikutan NFF tenang aja, mulai persiapin tim lo buat acara NFF tahun mendatang ya.

 

 

Share Button


Comments


Leave a Comment