Kenapa Tanggal 30 Maret Jadi Hari Film Nasional


Share Button

asisten-sutradara

Kenapa sih setiap tanggal 30 Maret selalu ada peringatan soal Hari Film Nasional? Setiap lo cek media sosial di tanggal 30 Maret, pasti banyak teman lo yang nge-share soal film Indonesia. Omong punya omong, gimana sih ceritanya tanggal tersebut jadi Hari Fillm Nasional?

Peringatan Hari Film Nasional punya hubungan erat sama salah satu sutradara Indonesia yang legend banget, Sob. Usmar Ismail, tokoh yang lahir di Bukittinggi ini punya jasa yang gede banget, beliau ini sosok di balik lahirnya Hari Film Nasional.

Jadi, tanggal 30 Maret 1950 adalah hari pertama pengambilan film Darah & Doa. Film yang disutradarai oleh Usmar Ismail ini juga dikenal dengan judul Long March of Siliwangi. Dari sini, lo boleh kok nanya, ada apa dengan film tersebut sampe hari pertama produksi dijadiin peringatan Hari Film Nasional?

Baca: Ini Dia, Cara Ngerayain Ulang Tahun Anti Mainstream

Jawabannya, Sob, sebab film tersebut film Indonesia pertama yang punya ciri khas negeri ini. Film ini bener-bener produksi dalam negeri sebab disutradarai oleh orang Indonesia, dan diproduksi oleh perusahaan film Indonesia juga. Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia) jadi PH yang ngelahirin film tersebut.

Ngomong-ngomong soal film Indonesia, sebelum lahirnya Darah & Doa, udah ada beberapa judul yang udah rilis Sob. So, jangan dikira Hari Film Nasional sebagai hari lahirnya film pertama Indonesia ya.

Tahun 1926, udah ada tuh film pertama Indonesia dengan judul Loetoeng Kasaroeng. Film bisu ini disutradarai oleh orang Belanda, G. Kruger & L. Heuveldorp. Film Jawa NV jadi PH yang ngedukung lahirnya film ini.

Nah, di Hari Film Nasional ini, kira-kira, udah berapa banyak film Indonesia yang pernah lo tonton Sob? Trus ada film Indonesia yang jadi favorit lo ga? Share ke OUCH! yuk.

Baca: Dazzling Eskul Eksis di SMA Labschool Kebayoran

 

Share Button


Comments


Leave a Comment