Alasan Kenapa Hujan Sering Bikin Mood Lebih Malas


Share Button

Musim-hujan-cover

Percaya ga sih, kalo perubahan musim punya pengaruh sama mood. Di musim hujan kayak gini, rasa malas sering menyerang diri kita. Coba deh dirasain, sering kan ngerasa berat banget buat bangun pagi. Apalagi kalo pas hujan turun di pagi hari. Huahhh, bawaannya pengin narik selimut mulu. Nah, kenapa sih mood lebih malas di saat musim hujan kayak gini?

Banyak hal di sekitar kita yang ternyata punya pengaruh besar sama diri kita. Salah satunya ya perubahan musim. Di saat musim hujan, cuaca di sekitar lingkungan lo pasti lebih sering mendung. Ya iyalah namanya aja musim hujan. He he. Nah, berkurangnya sinar matahari  ini, berpengaruh lo terhadap mood lo.

Seperti yang lo tau Sob, sinar matahari mengandung vitamin D yang bermanfaat banget buat tubuh lo. Di saat sinar matahari berkurang di musim hujan, berarti asupan vitamin D ke tubuh lo jura berkurang. Nah, apa nih akibatnya?

Baca: Tempat Liburan yang Cocok di Saat Musim Hujan

Pertama pasti kebugaran tubuh lo sedikit berkurang. Sebab, salah satu fungsi vitamin D emang bikin tubuh lo makin bugar dan ga males-malesan.

musim-hujan-cover-2

Terus apa nih hubungannya sama mood. Jadi gini Sob, kurangnya sinar matahari, hormon yang bisa menggerakkan lo agar lebih semangat juga melemah. Contoh nih, hormon dopamin yang ikut melemah. Padahal hormon ini penting banget menggerakkan motivasi hidup lo.

Selain itu, juga ada hormon Serotonin yang juga ikut melemah. Fungsi dari hormon ini adalah untuk mengatur pola tidur dan kontrol emosi dalam diri lo.

Nah, akhirnya ketemu kan alasan kenapa hujan bikin mood lebih malas. Di musim hujan kayak gini, saat lo keserang rasa malas yang luar biasa, lo harus ngonsumsi makanan yang bisa ngebangun mood lo. Seperti alpukat dan cokelat. Selain itu, lo juga bisa ngebangun mood dengan mikirin hal-hal positif. Misal, “Kalo gue berangkat sekolah tepat waktu, gue bakal bebas dari omelan guru.”

Sering keserang malas di musim hujan? Jangan lagi Sob!!!

Baca: Cewek Punya Kumis Tipis, Gimana Solusinya?

Share Button


Comments


Leave a Comment