Aksi Nyatamu Dimulai Dari FISIP Masuk Desa 2016


Share Button

Poster Utama FMD 1

Hai Sob! Ternyata memperbaiki Tanah Air bukan suatu hal yang mustahil lho, karena cukup kita mulai dengan aksi nyata. Kalau kata pepatah sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit, jadi ga perlu nunggu sampe lo kaya raya, yuk berbagi dari sekarang walaupun hanya sebuah senyuman. Seperti yang dilakukan sama Mahasiswa Universitas Indonesia di program FISIP Masuk Desa 2016 (FMD).

FISIP Masuk Desa adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang diadain tanggal 13-15 Juni 2016 kemarin di Kampung Tegal Panjang, Desa Sukamulya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dikemas dalam bentuk community service, kegiatan ini bertujuan untuk jadi wadah bagi mahasiswa FISIP untuk menumbuhkan kepekaan sosial dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat setempat.

Tahun ini FMD 2016 membawa 3 nilai yaitu nilai kebersamaan, kepedulian dan berkarakter. Nah ketiga nilai tersebut diimplementasi ke dalam mata acara yang dikemas dalam 3 rangkaian, yaitu praacara, acara dihari pelaksanaan, dan pascaacara.

Rangkaian pertama sendiri dimulai sama kegiatan Baper Bareng FMD, lucu banget namanya ya Sob. Baper Bareng di sini adalah wadah buat sosialisasi dan diskusi untuk tiga puluh peserta yang diadain di lima kali pertemuan, nah tujuan ini biar para peserta peka sama isu-isu sosial dan kondisi Kampung Tegal Panjang. Salah satu pertemuannya sendiri bertema Susur Desa. Di Susur Desa peserta langsung menelaah kondisi sama permasalahan yang ada di desa itu Sob. Nah hasil akhirnya adalah acara kejutan dengan nama dari FISIP untuk Tegal Panjang yang diwujudin di hari pelaksanaan FISIP Masuk Desa.

Terakhir, peserta bikin karya berupa catatan perjalanan yang disatuin ke dalam sebuah buku, terus dipublikasiin secara online dan diberikan secara simbolik kepada masyarakat Kampung Tegal Panjang. Wih keren banget ya Sob FISIP Masuk Desa ini. Bener-bener aksi nyata untuk membantu sesama untuk lebih maju. Kalau lo, apa nih kegiatan aksi nyata lo sama temen-temen lo? Jangan lupa selalu mulai dari hal kecil ya, seperti senyuman.

 

Share Button

Comments


Leave a Comment