Akademi Samali, Visual Art and Comic School


Share Button

Edisi kali ini kita ga ngeliput sekolah formal nih Ouchers, gapapa dong sekali-kali ngeliput sekolah yang di luar sekolah formal. Ouchers ada yang udah pernah denger sekolah manga atau komik? Nah, sekolah yang akan diulas di My School kali ini adalah sekolah khusus belajar seni visual dan komik.

Namanya, Akademi Samali. Sekolah ini didirikan pada tahun 2005 oleh Beng Rahardian, Hikmat Darmawan, dan Zarki. Meskipun belum begitu lama tapi untuk kualitas pengajar dan siswa jebolan sini, beuuuh jangan di tanya Sob. Kenapa dinamanin Akademi Samali? Karena sekolah  ini terletak di Jalan Samali, hehe.. sesimple itu lho ngasih namanya.

Founder dari akademi ini berprofesi sebagai illustrator dan komikus. Jadi ga salah dong ya Sob kalo sekolah yang mereka buat juga sesuai dengan profesi mereka. Tujuan didirikan Akademi Samali ini adalah buat ngembangin sistem pendidikan terbuka melalui kegiatan workshop dan diskusi yang tidak mengikat dan interaktif.

Sejak awal Akademi Samali didirikan, emang dibuat wadah khusus belajar seni menggambar dan komik. Kelas yang dikasih juga bermacam-macam, ada kelas pengembangan naskah komik, diskusi komik, sampe workshop membuat komik. Nah di workshop, lo bakal dikasih tau cara gimana bikin cerita komik, gambar, sampe memproduksi komik itu sendiri.

Para siswa yang mengikuti workshop tersebut dijamin free alias gretong, karena segala biaya workshop ditanggung oleh sponsor.  Pada awal berdiri, Akademi Samali memanfaatkan sistem pameran untuk berpromosi. Kalo ditanya tujuan yang ingin dicapai dalam waktu dekat, para founder Akademi menjawab kalo mereka ingin memajukan perkembangan industri komik dalam negeri.

Gimana Ouchers, tertarik buat bergabung sama Akademi Samali? Kalo lo suka gambar komik dan pengen tau seluk beluk komik lebih dalam, langsung aja Ouchers ikutan gabung sama Akademi Samali.

Fast Track Akademi Samali:

Jl. Mampang Prapatan XVI No. 28

Jakarta Selatan 12760

Telp (021) 79198858, 08161831384

akademisamali@yahoo.com

Share Button

Comments


Leave a Comment