Ada Apa di Balik “Friday The 13th” yang Bikin Banyak Orang Takut?


Share Button

4e397234f048538ad62a664db8a89549_angka-13

Istilah “Friday the 13th” lagi dibicarain banyak orang nih. Apa sih yang bikin istilah ini jadi trending topic? 

Friday the 13th adalah sebutan untuk tanggal 13 yang jatuh di hari Jumat. So, setiap hari Jumat yang barengan sama tanggal 13, momen ini bakal disebut dengan Friday the 13th.  Trus kenapa hari ini ditakuti banyak orang? Simak artikel OUCH! berikut.

1. Sejarah Friday 13th

Ada banyak versi soal sejarah Friday the 13th. Salah satunya datang dari Perancis. Jadi, Jumat, 13 Oktober 1307, raja Perancis menangkap tentara Ksatria Templar. Setelah ditangkap, pasukan tersebut lalu dibakar. Sebelum meninggal, para ksatria yang bernasib malang itu ngasih kutukan ke raja Perancis.

2. Mitos di Balik angka 13 dan Hari Jumat

Selain karena peristiwa di atas, Friday the 13th jadi momen yang menakutkan juga karena mitos di balik angka 13 dan hari Jumat itu sendiri. FYI nih Sob, tahun 1896, seorang wartawan Inggris, Henry Stuherland Edwards nulis sebuah keterangan, kalo angka 13 itu angka yang buruk. Sama kayak hari Jumat.

3. Mitos Angka di Negara Lain

Kalo Friday the 13th dikenal banget di negara barat, beda lagi sama negara-negara lainnya Sob. Setiap negara pasti punya mitos dan kepercayaan berbeda-beda Sob. Di China, angka 4 dianggap sebagai angka sial. Katanya sih karena pengucapannya mirip kata yang berarti kematin. Atau angka 9 yang juga dianggap angker oleh orang Jepang.

Feat.-Fri-Pic

Baca: Facekini, Buat Lo yang Takut Hitam

Sebenarnya sih, di Indonesia juga banyak mitos-mitos yang bikin masyarakat takut. Seperti malam Jumat Kliwon yang diangap sebagai malam keluarnya para hantu. Widihhh, serem juga Sob.

Friday the 13th sendiri terjadi tiga kali dalam tahun 2015. Yakni pada bulan Februari, Maret dan November. Tahun depan, Friday the 13th cuma terjadi pada bulan Mei doang.

 

Share Button

Comments


Leave a Comment