7 Kebiasaan Yang Bikin Hati Senang Walau Musim Ujian


Share Button

Hai Ouchers! Ga berasa banget yah udah mulai masuk musim ujian akhir lagi! Tugas dimana-mana, ujian ikut menghantui! Semua hal itu bikin kita jadi Stres!

“Iihh uda dibaca berkali-kali kok ga masuk-masuk juga.. Eh barusan baca apaan yah? Kok ngga connect yah.. Aduuh bahannya masih banyak banget padahal uda mumeet.. Ini bahan apaan yah? Kok kayaknya gapernah liat? Aduuh baca satu Bab, bab sebelunya lupa.. Giimanaa doongggg!!”

Kalo kamu ngerasain salah satu ciri di atas, ati-ati ouchers, itu artinya kamu uda menunjukkan tanda-tanda stress! Padahal seperti yang kita tahu kalau Stress memiliki dampak negatif bagi kesehatan badan dan pikiran. Bukan Cuma itu aja! Stress bakal ngurangin efektifitas belajar kita ouchers! Bahaya banget kan!

Coba deh Ouchers rehat sejenak. Berikut beberapa tips buat mengurangi stress akibat belajar saat ujian! Taro dulu bukunya, baca yang dibawah sebentar. Eits, taro duluu bukunyaaa. Okeh? Siap? Well let’s get started.

 

1. Dengerin Musik

dengarkan musik hilangkan stress

Musik udah terbukti dapat mengurangi stress akibat berbagai tekanan. Tapi ouchers jangan dengerin lagu galau yang bikin nangis semaleman yah! Cari lagu-lagu favourite kamu yang bisa bikin joget-joget sejenak buat lepasin rasa penat kamu.

Ada baiknya juga kamu dengerin lagu instrument saat belajar karena dapat membantu belajar kamu. Menurut penelitian, musik instrumental klasik memberikan dampak positif kepada mental dan alam bawah sadar manusia, juga merangsang kinerja otak.

 

2. Jalan–Jalan Santai

jalan-jalan keliling dunia

Kalau suasana kamar kamu yang lagi ditimbunin buku bahan ujian udah bukan lagi pojok Pewe kamu, coba deh keluar kamar sejenak. Ajak jalan anjing kamu keliling komplek di sore hari, atau ajak adik kamu main ke taman komplek sejenak.

Rilekskan pikiran kamu dari segala bahan ujian yang bikin kamu tertekan, dan nikmatin suasana sore sejenak. Hal itu bakal ngurangin tekanan di pikiran kamu dan setelah sedikit lebih fresh, maka proses belajar kamu bakal lebih efektif.

 

3. Lakukan Hobi Kamu

lakukan hobi kesukaanmu

Di saat stress kayak gini nih hobi kamu bakal berguna banget. Hobi adalah sebuah kegiatan yang kita suka dari hati terdalam. Maka saat ngelakui hobi kita, otomatis kita akan merasa senang.  Nah, luangin sedikit deh waktu kamu dan lakuin hobi kamu. Selain menghilangkan stress akibat belajar, hal ini bakal bikin mood kamu balik lagi!

 

4. Curhat!

curhat sebagai penghilang stress

Ternyata curhat ga cuman buat orang patah hati atau galau aja loh ouchers. Disaat pikiran mumet dan tertekan, menumpahkan sedikit masalah kita yang sedang kita hadapi ke sahabat juga bisa ngebantu ngurangin rasa stress kita. Merasa diperhatikan dan dimengerti bisa bikin perasaan kita jadi lebih tenang dan pikiran juga lebih tenang.

Kali aja mereka punya solusi atau jalan keluar jitu buat bantu nyelesain masalah-masalah kamu. Pastikan kamu curhat ke teman baik kamu yang pastinya bisa dipercaya yah ouchers! Kalo ngga bukannya bikin kamu rileks malah nambah bikin stress nantinya!

 

5. Makan Coklat

coklat penghilang stress

Siapa sih yang gasuka makan cokelat? Ternyata selain rasanya yang manis dan lumer di mulut, cokelat dipercaya dapat menurunkan tingkat stress dan menaikkan mood seseorang. Ada yang menganggap makan cokelat untuk menaikkan mood adalah mitos.

Tetapi, dari berbagai penelitian yang di publikasi menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi 1,4 ons cokelat murni dua minggu sekali, dapat menurunkan tingkat hormon kortisol yang merupakan hormon adrenalin.

 

6. Minum Air Putih

minum air putih hilangkan stress

Iih kok orang stress suruh minum air putih? Ouchers, hanya dengan meminum satu atau dua gelas air putih, akan sangat membantu kamu buat relax. Air putih akan membantu mensupply oksigen ke otak kamu yang bikin kamu lebih fresh. Air putih juga akan ngehindarin kamu dari dehidrasi.

Dengan cairan tubuh yang cukup, akan ngebantu kamu buat ilangin kepenatan dan kelelahan fisik kamu yang bisa memperburuk stress kamu. Jadi pegang eratlah mamat dari orang tua kamu yang selalu ributin kamu supaya minum air putih yang cukup setiap hari. Oke?

 

7. Bercanda Sejenak

tertawa penghilang stress

Udah mumet sama tulisan yang berentet di buku pelajaran kamu? Coba deh letakkin sebentar buku kamu, jangan lupa batesin uda baca sampe mana yaah. Terus coba keluar kamar, ngobrol sama kakak atau adik kamu, kalo ada Bunda yah boleh juga, atau kalo ga ada yah bibi juga gapapa.

Bercanda sejenak sama mereka, tertawalah. Tertawa adalah obat paling manjur untuk menghilangkan stress. Maka dari itu, seperti yang tercantum di dalam buku IPS (assikk) bahwa manusia merupakan makhluk sosial, bersosialisasilah ouchers!

Baca: Tips supaya muka segar setelah ujian

Sudah di baca ouchers tips menghilangkan stressnya? Terus kenapa masih mangkuin buku pelajaran? Coba di tutup dulu sebentar. Berdiri dari kursi, goyang kiri, goyang kanan, bungkukin badan kedepan dan belakang, refreshing sejenak. Setelah lebih fresh, baru deh lanjutin belajarnya dengan pikiran yang lebih seger dan lebih siap buat nerima materi yang bakal kamu jejelin buat ujian!

Good luck for your final exam ouchers!

Ditulis oleh: Angel Sung – Alumni SMK Pariwisata Santa Theresia Jakarta

 

Punya artikel yang bakal bermanfaat buat para Oucher? kirimin aja ke ouch@mycakrawala.com kalo mau dimuat di sini!

Share Button


Comments


Leave a Comment