7 Jurusan Kuliah Paling Unik Versi Majalah OUCH!


Share Button

unik-cover

Mungkin lo udah biasa denger jurusan Biologi, Farmasi dan Informatika. Tapi pernah ga, lo denger jurusan kuliah dengan nama Kriminologi? Atau, pernah ga denger jurusan yang cuma belajar masalah perkayuan doang? Ini dia 7 jurusan kuliah paling unik di Indonesia versi Majalah OUCH!

1. Kriminologi

Lo tertarik jadi detektif? Kalo iya, cobain deh masuk di jurusan ini. Emang apa aja sih yang dipelajari mahasiswa Kriminologi?

Sesuai namanya Sob, jurusan ini ngajak lo ngenalin penyebab terjadinya kejahatan. Intinya sih, di jurusan ini lo diajarin membedah kasus kriminal.

Prospek kerjanya di mana dong? Pas lulus nanti, lo bisa masuk di kepolisian, departemen kehakiman, kejaksaan, sampe Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tertarik Sob masuk jurusan ini?

unik-1

2. Fisioterapi

Pas denger nama Fisioterapi, udah ada belum yang kebayang di kepala lo? Fisioterapi emang identik sama pijak-memijat. Lho lho… berarti lulusan jurusan ini bakal jadi tukang pijat dong?

Eits, ga sesederhana itu juga Sob. Mahasiswa jurusan Fisioterapi diajari ilmu saraf tubuh manusia. Jadi, pas udah lulus nanti, tenaga mereka dibutuhin di rumah sakit sebagai ahli saraf.

unik-2

3. Karawitan

Karawitan adalah studi yang belajar soal seni vokal dan iringan musik khas daerah. Sekarang ada beberapa SMA yang udah ngenalin Karawitan di ekskul mereka.

Kalo lo tertarik sama jurusan satu ini, bisa kok ke kampus-kampus seni kayak ISI Yogyakarta, STSI Bandung dan kampus seni lainnya.

unik-3

4. Kartografi dan Penginderaan Jauh  

Dari namanya sih agak unik Sob. Penginderaan Jauh? Mahasiswanya mau diajarin punya indera keenam gitu? He he he. Bukan gitu Sob.

Kartografi dan Penginderaan Jauh ini bagian dari ilmu Geografi. Mahasiswanya bakal diajarin tentang ilmu tanah, pemetaan, dan bencana alam. Prospek kerjanya bagus juga lho. Lo bisa masuk di Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Perumahan Rakyat, serta badan pertanahan nasional.

unik-4

Baca: Jurusan Kuliah Yang Bikin Lo Dapet Gaji Tinggi Pas Kerja

5. Pedalangan

Kuliah biasanya identik sama pelajaran yang serius-serius. Tapi di jurusan ini, lo seolah diajak bermain Sob. Gimana ga? Di jurusan ini lo bakal mendalami ilmu pedalangan yang seru abis.

Sayangnya, jurusan ini temasuk jurusan kuliah yang sepi peminat.

unik-5

6. Batik dan Fashion

Mungkin lo pernah denger jurusan Fashion Design. Nah, gimana dengan jurusan Batik dan Fashion? Keduanya sebenarnya hampir sama, tapi di jurusan Batik dan Fashion, lo bisa lebih fokus pada batik Sob.

Selain melajarin fashion, lo juga bisa ikut serta melestarikan budaya Indonesia. Setuju ga?

7. Teknologi Kulit

Ada lho kampus yang khusus belajar soal perkulitan. Mahasiswa di jurusan ini diajarin gimana ngelola kulit baik dari bahan kayu, karet atau plastik.

Lo jadi lebih kreatif deh pas masuk jurusan ini. Selain itu, lo juga bisa manfaatin limbah jadi karya baru yang bagus-bagus Sob.

unik-7

7 jurusan kuliah unik versi OUCH! di atas, ngebantu lo yang punya minat-minat tertentu buat kuliah. So, mana yang sesuai sama minat lo Sob?

Share Button


Comments


Leave a Comment