7 Alasan Kuliah di Luar Negeri Lebih Menguntungkan Dibanding UI, UGM, ITB Atau Swasta di Indonesia


Share Button

sumber: http://jed.revolutia.info/

Bokap nyokap gue suruh gue kuliah di luar negri buat lanjut sekolah, tapi gue takut nih..
Kan nanti disana sendirian, kalo gue sakit gimana?
Yang masakin gue makan siapa?
Masa tiap hari gue beli makanan?
Terus kalo gue gabetah gimana dong?
Mana mungkin bokap gue tarik gue balik ke Indonesia… Bisa abis gue…

STOP!! Ouchers, Kuliah di luar negri ga se-“mengerikan” yang kamu pikirin kok! Well, emang sih pasti akan ada banyak tantangan dan kamu bakal ngadepin hal-hal baru yang mungkin belum pernah kamu alamin selama kamu tinggal sama orang tua kamu, tapi percaya deh semua hal itu bisa kamu laluin dengan baik seiring berjalannya waktu.

Daaannn.. banyakan Fun-nya! Soal biaya kuliah memang lebih mahal tapi banyak kok beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa didapatkan. Kalo kamu masih ragu buat kuliah di luar negri, simak deh beberapa alasan kuliah di luar negeri! Check this awt!

 

1. Temen baru kelas International

suasana kelas internasional

Punya temen dari berbagai negara akan ngembangin cara sosialisasi kamu. Temen dari negara lain akan memiliki budaya dan cara bergaul yang beda juga. Nah disini cara bersosialisasi kamu akan di asah buat siap ngadepin orang dari berbagai negara dalam dunia kerja nanti!

Baca: Sekolah SMA penghasil artis terbanyak di Jakarta.

Biasanya di universitas luar negeri, siswanya udah nyampur dari berbagai negara. Apalagi biasanya kita sebagai murid international akan masuk ke kelas internasional, otomatis temen-temen kamu bakal berasal dari berbagai negara! Keren kan!

 

2. Belajar Budaya Baru

belajar budaya baru

Ini adalah  dasar yang pastinya akan kamu dapetin selama menetap di negara lain. Jangan takut sama culture shock, bukan kamu doang yang ngalamin kok. Tiap negara memiliki budaya unik masing-masing, dan kesempatan untuk mempelajari budaya langsung dari warna negara setempat itu langkaaaaa banget. Justru inilah yang jadi alasan kuliah di luar negeri buat kamu.

Karena mereka yang masih menganut sebuah budaya akan memahami secara mendetail budaya itu. Gimana ngelakuinnya, tujuannya apa, kenapa harus begitu, dan asal usul dari budaya itu sendiri. Jadi ga ada salahnya dong kita ngantongin ilmu tambahan tentang budaya negara lain?

Baca: 10 universitas kualitas terbaik di Indonesia menurut lembaga luar negeri.

Kali aja kita dapet pacar dari negara lain, kan lumayan bisa PDKT sama ortunya kalo uda paham budaya mereka. Hehe..

 

3. Belajar Bahasa Baru

bahasa ibu kehilangan bahasa ibu

mother tongue kehilangan mother tongue

Annyeonghaseyo… konnichiwa.. Bonjour.. Ni hao.. Menimba ilmu di negara lain akan membuat kamu belajar bahasa lokal. Meskipun kamu sekolah di universitas dengan bahasa inggris, dalam keseharian kamu secara otomatis akan membuat kamu belajar bahasa lokal setempat.

Percayalah, belajar bahasa di negaranya langsung dan dipake praktek dalam keseharian kita akan jauh lebih efektif dibandingin kamu ikut les bahasa dan cuman dipake seminggu sekali di kelas kursus kamu. Kalau kamu berniat kuliah di negara yang berbahasa Inggris, jangan kecewa, dijamin bahasa inggris kamu akan improved, at least pronounce kamu bakal berkembang.

Baca: 10 tips lolos seleksi beasiswa kuliah di luar negeri.

Karena kamu ga bisa pake bahasa Indonesia di sana, maka secara otomatis otak kamu akan terus bekerja buat berbahasa lain. Eits.. jangan takut, Bahasa Indonesia kamu ga akan hilang kok! Bahasa ibu, atau bahasa kerennya mother tongue adalah bahasa dasar yang kita pelajarin sejak usia 0-9 tahun. Bahasa ini akan melekat di diri kita. Jadi, ga ada tuh istilahnya “Bahasa Indonesia akhu udha ghak githu lancar soalnyha akhu udha lama ghak omong bahasa.”

 

4. Fasilitas belajar yang lebih lengkap dan modern

ruang kelas sekolah termahal

Buat yang satu ini, ga bisa dipungkirin lagi, terkadang kita harus pergi ke negara tetangga buat mendalami sebuah jurusan yang kita minat, soalnya mereka nawarin fasilitas yang lebih dari apa yang di tawarin di sini. Fasilitas yang lebih lengkap dan modern bakal ngebantu kamu banget buat pahamin langsung perkiraan calon dunia kerja kamu nanti.

Baca: Sekolah termahal dan termewah di dunia

Umumnya, jurusan di luar negeri akan lebih spesifik dan menjurus. Kamu akan belajar apa yang kamu mau dan kamu perlu. Jadi ga usah pusing-pusing buat “asal lulus” di pelajaran-pelajaran aneh yang kamu ga minat.

 

5. Lulusan luar negri lebih diakui secara International

lulusan luar negeri lebih diakui

Meskipun kamu bakal balik ke Indonesia, tapi title kamu sebagai “lulusan luar” akan melekat di diri kamu seumur hidup. Semua perusahaan mau lokal ataupun international bakal nanya ijasah kamu kan? Disana akan terpampang nama kampus kamu. Dan kalau kamu lulusan luar negri, itu merupakan nilai lebih buat kamu. Kesempatan kamu buat kerja di perusahaan international juga besar.

 

6. Belajar Mandiri

Nah, ini penting banget Ouchers! Kesempatan buat belajar di luar negri dan tinggal jauh dari orang tua harus banget kita manfaatin untuk menjadi seseorang yang mandiri. Ga akan ada lagi yang teriakin kamu buat bangun kalo uda snooze alarm berkali-kali, ga ada lagi yang maksa kamu buat ganti seprai ranjang, ga ada yang ributin kamu buat mandi di hari minggu malas, ga ada yang omelin kamu kalo pulang subuh, dan jutaan ocehan orang tua kamu yang suka nyebelin tapi bakal ngaangenin.

snooze alarm

Sebagai seorang “mahasiswa”, kita bakal mulai terjun ke dunia orang dewasa dimana kita harus bertanggung jawab atas diri kita sendiri. Maka dari itu, tinggal jauh dari orang tua kayak gini bakal ngebantu banget buat buang mental “manja” kita.

Baca: 10 SMA unggulan se-Indonesia idaman para orang tua.

 

7. Pengalaman baru

pendidikan adalah senjata terkuat

Pengalaman apa emangnya? Ah masa sih? Mana ada.. Pasti bisa disini juga.. Bohong.. Ah lebai aja. Kamu boleh mikir gitu saat ini, tapi kamu bakal ngangguk-ngangguk setuju sampe dagu nyentuh perut kalo uda ngalamin sendiri. Kamu bakal ngalamin pengalaman yang memorable banget dan bakal bilang “ Iyaa, dulu pas gue sekolah di luar, gue pernah  blablabla” kalo udah balik. Ga percaya? Makanya pergi, cobain sendiri deh..

Baca: 4 cara dapat duit tambahan buat anak sekolahan.

 

Gimana Ouchers udah tahu alasan kuliah di luar negeri? Sekarang udah mantep dong mau sekolah di luar negri.. Makin ga sabar kan buat cepet-cepet sekolah di luar negri? Tapi jangan lupa sebagai anak bangsa tetap junjung tinggi tanah air kita Indonesia. Selalu jaga nama baik bangsa kita di mata dunia dengan cara menjaga prilaku kita selama menetap di negri orang lain.

Siap? Saatnya nyiapin dokumen dan packing deh! Jangan lupa cek Tips-tips penting kalau mau kuliah di luar negri buat nambahin persiapan kamu. Good luck on your study Ouchers! :D

Ditulis oleh: Angel Sung – Alumni SMK Pariwisata Santa Theresia Jakarta

 

Punya artikel yang bakal bermanfaat buat para Oucher? kirimin aja ke ouch@mycakrawala.com kalo mau dimuat di sini!

Share Button


Comments


  1. Lucky November 01, 2015 at 00:46

    Keuntungan kuliah di luar negeri adalah merasakan hal- hal baru. Kalau saya sendiri sebenarnya setuju. Tapi saya masih banyak kekurangan. Jadi perlu belajar banyak hal dulu.

Leave a Comment