6 Teknologi Yang Bikin Piala Dunia 2014 Sekarang Beda


Share Button

Sejak pertama kali dilakukan tahun 1930 di Uruguay, kompetisi piala dunia sepak bola terus berkembang ngikutin teknologi canggih yang dibuat manusia. Mulai dari sepatu, baju, bola sampai hal-hal yang gak pernah kita duga sebelumnya.

Kalo piala dunia 2010 ada gurita peramal terkenal yang dipercaya bisa nebak skor pertandingan bola, di piala dunia 2014 sekarang banyak inovasi baru yang canggih banget. Ouch dah rangkum nih ada 6 hal yang bikin piala dunia 2014 beda dari piala dunia sebelum-belumnya.

Baca: Piala dunia 2014, Nelly prediksi Jerman kalahin Brazil.

 

1. Inovasi Teknologi Garis Gawang

teknologi garis gawang

Pertama kali FIFA kenalin teknologi garis gawang (goal-line technology) waktu piala dunia antar klub tahun 2012 di Jepang. Cara kerja teknologi garis gawang ini simpel, tiap bola lewatin garis gawang maka wasit bakal dapat notifikasi “GOAL” di jam tangannya.

Tujuannya supaya gak ada lagi tuh ‘gol hantu’ yang banyak kejadian di piala dunia sebelumnya. Kalau di piala dunia sebelumnya tuh ada teknologi Hawk-eye dan GoalRef maka sekarang pake Goal-Line Technology.

 

2. Botol Vanishing Spray

botol vanishing spray

Pasti dah lihat kan tiap ada tendangan bebas si wasit semprot cairan busa putih di posisi bola dan pagar betis pemain. Teknologi itu namanya Vanishing Spray yang ramah lingkungan dan bisa hilang dalam beberapa menit. Manfaatnya tentu supaya gak ada aksi curang misalnya mindahin bola lebih deket gawang atau pemain pagar betis yang pindah dari tempat seharusnya.

Baca: Ini dia lagu tema piala dunia 2014.

 

3. Jersey Dari Botol Bekas

nike drifit jersey piala dunia 2014

Jersey pemain piala dunia 2014 dibuat dari botol plastic bekas daur ulang lho jadi ramah lingkungan banget. Nike pakai teknologi yang disebut Dri-Fit dari kombinasi mesh panel dan laser cut ventilation sehingga pemain bisa tampil lebih maksimal.

 

4. Brazuca

adidas brazuca piala dunia 2014

Waktu jaman TV masih hitam putih, warna bola di piala dunia sengaja dibuat belang hitam putih supaya penonton di rumah bisa liat mana bolanya, tapi kalau sekarang tiap bola punya alur yang beda-beda dan karakteristik yang beda waktu melayang. Makanya bola di piala dunia 2014 sekarang didesain khusus lebih stabil saat di udara dan yang beda adalah namanya “Brazuca” itu dinamain sama para fans.

Baca: Lawan MU, Luis Suarez pakai sepatu bola rajut.

 

5. Magista

nike magista piala dunia 2014

Sama kayak olahraga lainnya, sepatu bola dari tahun ke tahun alami peningkatan teknologi. Banyak ahli teknis sepatu di Nike dan Adidas yang ikut kontribusi di pembuatan sepatu pemain piala dunia. Nike punya teknologi yang disebut Magista yang dirancang mengikuti bentuk kaki dan gak ganggu pergelangan kaki.

 

6. Cooling Break

Holland v Mexico

Karena Brazil termasuk Negara di lokasi tropis dan punya hutan hujan tropis yang luas bikin cuaca di sana kering dan kadang lembab tinggi. Makanya FIFA membuat aturan baru dengan mempersilakan pemain istirahat atau cooling break di menit 30 pertama.

Share Button


Comments


Leave a Comment