5 Tips Sukses Ulangan Tanpa Harus Belajar Mati-Matian


Share Button

lulus ulangan tanpa belajar mati-matian

Sebentar lagi ulangan umum? Ulangan yang menentukan lo semua naik kelas atau tidak. Mungkin nggak sedikit Ouchers yang deg-deg-an pada saat akan mengikuti ulangan yang satu ini. Tapi, tenang dulu nih… Kita punya tips ampuh yang bisa bikin lo santai-santai aja menjelang ulangan umum. Yuk kita simak tips ampuh yang akan bantuin lo semua ngelewatin ulangan yang dianggap menyeramkan ini.

 

 

1. Dengerin guru “ngoceh”

guru seksi mengajar

Cara yang pertama ini ampuh banget buat lo yang males baca buku di rumah. Karena guru biasanya ngomongin semua yang ada di dalem text book yang lo punya. Mereka akan bahas semua materi yang sebenernya adalah rangkumannya.

Jadi, cukup perlu duduk manis di bangku lo, buka kuping lebar-lebar, dan kalo ada beberapa “ocehan” yang lo anggep penting, segera catet di text book lo. Kenapa harus di text book? Soalnya, pada saat lo mau baca di rumah ato lo tiba-tiba lupa, lo bisa dengan sangat mudah nemuin catetan penting itu.

Kalo lo bosen dengerin guru ngoceh di kelas, berarti sudah saatnya lo refresh otak biar gak males-malesan di kelas.

 

2. Ngulang pelajaran

belajar di rumah

Pulang sekolah langsung ikut bimbel? Cape banget kan pastinya. Kalo lo pada nggak mau ikut bimbel yang ngebosenin, tapi mau tetep sukses pada saat ulangan, mending tiap hari lo pada luangin waktu 30-60 menit buat baca-baca ulang materi yang dipelajarin pada hari itu. Review singkat aja.

Dengan banyak baca, lo akan cepet ngerti dan hafal. Pada saat lo mau ulangan, lo cuma tinggal review sebentar aja. Ngulang-ngulang bentar abis itu bisa cus ngerjain yang lain deh.

 

3. Tanya temen yang pinter

anak jenius di kelas

Anak pinter pasti banyak temennya. Ya, kata-kata ini ada benernya juga. Lo bisa nanya pelajaran yang lo nggak ngerti sama temen lo yang lo anggep pinter dan mau ngajarin lo dengan penuh kesabaran. Daripada harus nanya sama guru lo yang killer itu, mending nanya sama temen lo sendiri kan? Gaya bahasa yang sama kayak lo, akan mempermudah lo untuk ngerti pelajaran yang lo belom bisa.

 

4. Belajar kelompok

Lo biasa nonton bareng sama temen lo? Nongki (baca: nongkrong) cantik sama temen lo? Daripada tiap minggu abisin duit buat nonton and nongki, mending sebelum ulangan lo dan temen-temen luangin hari buat belajar bareng. Dengan belajar bareng, lo bisa sharing bareng apa yang lo tau.

Secara lo sadar ato nggak, lo bisa ngebantu temen lo. Entah lo kasih motivasi buat temen lo ato lo ngajarin dia. Biasanya di dalem satu kelompok kan pasti ada yang paling pinter tuh. Nah, lo bisa jadiin dia sebagai mentor lo dan temen-temen lo yang butuh bantuannya. Dengan belajar bareng, lo bisa pinter bareng-bareng.

cara lulus ujian tanpa mesti belajar keras

5. Berdoa

Hal terakhir yang lo harus lakuin kalo mau sukses ngerjain ulangan lo adalah dengan berdoa. Setelah lo ngelakuin semua hal yang ada di atas, lo harus banyak-banyak doa. Sebelum dan sesudah lo ngerjain ulangan. Tapi, jangan cuma doa doang lho, Ouchers. Doa harus dibarengin sama usaha juga, misalnya praktekin 5 teknik dasar dapet beasiswa luar negeri dengan mudah.

Nah, gampang banget kan hal-hal yang harus lo lakuin kalo mau sukses dalam ulangan umum lo? So, buat apa takut sama ulangan. Tacu aja, Ouchers! Ulangan? Siapa takut!

Ditulis oleh: Florencia Halim – Alumni SMAK 2 Penabur Jakarta

 

Punya artikel yang bakal bermanfaat buat para Oucher? kirimin aja ke ouch@mycakrawala.com kalo mau dimuat di sini!

Share Button


Comments


Leave a Comment