5 Teknik Dasar Mendapat Beasiswa Luar Negeri Dengan Mudah


Share Button

Buat lo yang berencana lanjutin kuliah di luar negeri, banyak banget loh beasiswa luar negeri yang bisa lo dapetin. Memang gak gampang sih tapi semua gak ada yang mungkin buat didapet kok. Modal awalnya tuh niat dan ada cara lain nih yang dasar banget tapi suka dilupa Sob! Ouch dah kumpulin nih 5 cara gampang dapetin beasiswa luar negeri.

cara gampang dapat beasiswa luar negeri

gambar: tribunnews

Baca: 10 universitas kualitas terbaik menurut lembaga riset luar negeri.

 

1. Rajin Cari Informasi

Dah pasti lah lo mesti rajin cari informasi beasiswa luar negeri, biasanya di situs kedutaan besar luar negeri di Indonesia selalu update informasi beasiswa luar negeri yang ada dari mereka. Coba deh buka terus subscribe ke email newsletter mereka atau ikuti akun facebook/twitter mereka buat info terbaru beasiswa di luar Indonesia.

 

2. Bikin CV Pribadi

Ini juga penting tapi suka lupa dikerjain; yaitu bikin CV pribadi lo. Tapi gak kayak CV buat lamar kerja, isi CV yang dimaksud itu isinya semua pengalaman hidup lo yang bisa lo pamerin ke orang-orang. Misalnya lo pernah juara lomba lari se-Indonesia. Intinya prestasi atau apapun lah yang pernah lo buat, terus lo tulis di dalam CV pribadi lo itu biar makin gampang dapet beasiswa luar negerinya.

 

3. Bikin Sertifikat Kemampuan Bahasa Asing

Kalo lo jago bahasa Inggris atau bahasa Cina, lo mesti bisa kasih buktinya. Caranya, lo ikut deh tes bahasa asing yang bisa kasih sertifikat. Tapi hati-hati, pilih lembaga tes bahasa asing yang sertifikatnya diakui internasional. Dengan modal bahasa asing aja, lo bisa dapet beasiswa luar negeri lho. Apalagi kalo ditambah lo punya banyak prestasi di dalam negeri. Beuh! makin cihuy dan makin gampang dah dapet beasiswa luar negeri.

Baca: 4 cara dapat duit tambahan buat anak sekolahan.

 

4. Bikin Surat Rekomendasi

Minta aja surat rekomendasi dari sekolah lo, bilang kalo lo mau daftar beasiswa luar negeri. Pasti dikasih deeh.. kalo gak dikasih sih kebangetan banget… laporin sini aja! Nah, dari surat rekomendasi itu bisa juga jadi bahan biar lo semakin dipercaya buat dikasih beasiswa luar negeri.

 

5. Pilih Bidang Akademis Sejenis

Banyak yang bilang lebih gampang cari beasiswa yang sama dengan jurusan sekolah lo sebelumnya. Jadi kalo lo sekolah dari jurusan bahasa, bakal lebih gampang dapet beasiswa luar negeri jurusan bahasa juga. Misalnya lo dah kuliah sarjana atau S1 sebelumnya, dan lo rencana daftar beasiswa luar negeri maka pilih aja beasiswa yang jurusannya sejenis.

Baca: 5 hal yang perlu dilakukan sebelum jadi anak kuliahan.

Gitu deh 5 tips gampang dapet beasiswa luar negeri dari Ouch! kita juga pernah bahas buku yang pas isinya bakal ngasih tahu lo gimana cara gampang dapetin beasiswa. Tapi kalo butuh konsultasi lain terutama soal ‘Secret Area’ lo, langsung aja mention @MajalahOUCH atau kirim email ke ouch@mycakrawala.com deh. Siipo!

Share Button


Comments


  1. suma January 05, 2015 at 19:23

    bikin cv pribadinya itu kita posting atau gimana? terus gan kalo kita ngamblik jurusannya sastra inggris boleh?

  2. Dewi Purbasari March 20, 2015 at 17:04

    Terimakasih sarannya Ouch Magazine. Btw , klo ada info beasiswa dibelanda kirim email aq donkzzz. Ok2 pleas… :)

  3. Fandy Lumentut June 02, 2015 at 12:42

    wah, rasanya terlambat banget baca postingan postingan dari web ini.. semuanya bermutu buat persiapan gua mau masuk kuliah.. tapi udah terlanjur, kayaknya nanti buat lanjut s2 harus cari referensi disni.. semua postingannya logis dan memotivasi.. salut .. keep on writing and spread a good vibe !!

  4. ang August 10, 2015 at 00:05

    min, coba posting beasiswa ots (orange tulip scholarship) belanda. pasti keren jg tuh!

  5. erna August 27, 2015 at 21:49

    post.nya bagus kak..ini saya bru mau msuk kuliah..ambil bhs.jepang.
    dri dlu saya pengen bs dpt beasiswa luner..moga bs dpt nnti. aamiin..

    kak..kalo ada info beasiswa luner khususnya ke Jepang..bagi2 ke email saya yaa.. *don’t forget it, ok.

    tq kak.. :-)

Leave a Comment