5 Langkah Aman Bersepeda di Jalan Raya


Share Button

Foto: gogringo.com

Siapa yang suka bersepeda? Rutin atau seminggu sekali? Bersepeda itu baik banget buat kesehatan, apalagi sore-sore sambil nunggu waktu buka. Ke rumah gebetan pake sepeda juga kayaknya seru, asal ga ribuan kilometer jaraknya.

Sebelum lo mengowes sepeda lo, baca dulu tips di bawah ini yaaa..

Cek Kondisi Sepeda

Sebelum berangkat cek dulu sepedanya ada atau ga? Kalau ada cek semua bagian dari ban, rem, rantai dll. Pakai pelindung diri kayak helm, sarung tangan, pelindung lutut dan siku. Pakai masker dan kacamata bila perlu.

Pastikan Anda Terlihat Pengendara Lain

Kalau bersepeda sampai ke jalan raya, pastiin menggunakan pakaian yang berwarna terang, biar keliatan sama pengendara bermotor lainnya. Gunain lampu di bawah jok, atau helm dengan lampu di bagian belakangnya.

Jangan Dengarkan Musik

Orang yang bersepeda sambil dengarin musik dari earphone dua kali berisiko mengalami kecelakaan dibanding yang ga. Karena konsentrasi lo bakal terbagi antara dengerin musik dan perhatiin jalan. Hindari kebiasaan jelek ini ya Sob.

Pikirin Jarak

Sebelum melaju pikirin dulu tujuan lo bersepeda, apakah menunggu waktu buka, atau emang mau ke suatu tempat. Jangan karena keasikan ngegowes tau-tau lo udah jauh dari rumah dan terlalu cape untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Istirahat

Kalau merasa cape, lebih baik berhenti dulu atau berjalan kaki sambil nuntun sepeda lo. Dalam kondisi jalanan yang cukup ramai, menuntun sepeda juga lebih aman.

Buat cewek, hati-hati ya karena sepeda bisa bikin lo gak perawan lagi! Semoga tips di atas bikin lo makin sehat Sob!

Share Button

Toshio

I could be brown, I could be blue, I could be violet sky, I could be hurtful, I could be purple I could be anything you like

More Posts



Comments


Leave a Comment