5 Kebiasaan Yang Ga Ngedukung Hari Bumi


Share Button
Foto: dubaindos.com

Foto: dubaindos.com

Pas lo denger “Hari Bumi”, apa sih yang ada di pikiran lo? Kebanyakan dari kita pasti langsung mikirin lingkungan dan alam. Nah, ngomongin soal Hari Bumi, tanpa sadar lo tau ga sih, ada lho beberapa kebiasaan lo yang ga ramah lingkungan. Nih, OUCH! kasih contohnya.

1. Pake Knalpot Racing

Mikirin style sih boleh. Buat sebagian orang, pake knalpot racing dianggap keren banget. Tapi tau ga, kalo knalpot racing itu ga ramah lingkungan? Pembuangan gasnya berlebihan, Sob. Selain itu juga ngeganggu lingkungan sekitar dengan suaranya yang berisik, bikin polusi suara tuh.

Di Hari Bumi ini, yang udah pake knalpot racing, boleh banget lho ganti ke knalpot biasa. Buat apa gaya-gaya kalo ngerugiin lingkungan. Setuju ga?

Foto: poskotanews.com

Foto: poskotanews.com

2. Buang Bungkus Snack Sembarangan

Pas pulang sekolah, sambil nunggu jemputan, sering kan lo makan snack terus ngebuang bungkusnya sembarangan. Buang sampah sembarangan itu bikin lingkungan jadi kotor. “Gue ga nemu tempat sampah sih,” ucap lo ngeles. Kalo ga nemu tempat sampah, bisa kok dikantongin dulu. Ketemu tempat sampah, baru deh buang. Simple kan?

Foto: pariwisata.rejanglebongkab.go.id

Foto: pariwisata.rejanglebongkab.go.id

3. Lupa Matiin Lampu Kamar Mandi

Ini udah jadi kebiasaan banget. Lampu kamar mandi sering ga kita perhatiin. Pas keluar dari kamar mandi, kita lupa matiin. Jadinya, tuh lampu nyala terus 24 jam. Rata-rata lampu kamar mandi itu 15 watt, Sob. Kalo nyala 24 jam, berarti sama kayak pemakaian setrika. Boros kan? Yuk ubah kebiasaan buruk ini buat masa depan bumi kita.

Foto: www.iamatechie.com

Foto: www.iamatechie.com

4. Lupa Matiin Kran

Ini lebih parah lagi. Udah mandinya lama, eh, pas keluar, lupa matiin kran. Akibatnya, air bersih lo kebuang percuma. Tau istilah subsiden ga? Istilah ini artinya tenggelamnya daratan akibat kekurangan air Sob. Mau bumi kita jadi kayak gini? Jangan sampe deh. Mulai sekarang, pastiin lo udah nutup kran pas keluar dari kamar mandi.

Foto: peda.net

Foto: peda.net

5. Lupa Matiin Kipas

“Tuh kipas buat ngipasin apa sih?”

“Buat ngademin kamar.”

“Lah, lo kan lagi keluar. Masak kamar butuh diademin.”

Kalo ga dipake, kenapa dibiarin nyala? He he he. Buat anak kos, ngebiarin kipas nyala berjam-jam itu udah kebiasaan banget. Hemat listrik ya buat ngejaga bumi kita.

Foto: www.kaskus.co.id

Foto: www.kaskus.co.id

Nah, udah taukan apa aja kebiasaan sederhana yang tanpa kita sadari udah bikin bumi kita jadi ga sehat. Jangan diulangin lagi ya Sob. Yuk, kita sama-sama jagain bumi biar sehat dan panjang umurnya. Selamat Hari Bumi Ouchers!

Share Button


Comments


  1. Toko Online June 26, 2015 at 16:01

    Hal sepele yang bisa bikin kerusakan
    CKckckkc
    Artikelnya bagus, semoga makin banyak yang tau kalau bumi juga butuh perhatian :)

Leave a Comment