5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Jadi “Anak Kuliahan”


Share Button

Liburan panjaaang setelah UN itu rasanya sesuatu banget! Selamat tinggal baju kebanggaan putih abu-abu! Jasamu akan kukenang selalu *mengheningkan cipta*. Liburan panjang kelulusan SMA yang hampir 3 bulan memang manis awalnya Ouhers, karena semakin lama liburan dompet semakin menipis, dan kita akan kehabisan kegiatan untuk menghabiskan waktu liburan yang berharga ini.

Biar gak kehabisan gaya selama liburan, Ouchers bisa lakukan 5 hal berikut selama liburan sebelum resmi menjadi “anak kuliahan”, check this awt!

 

1. Mencari Teman Sebelum Berperang!

tips mencari teman

Sebelum terjun ke battlefield perkuliahan, ada baiknya kita mempersiapkan diri membangun pasukan, alias teman. Lha? Gimana bisa cari temen padahal belom mulai masuk kuliah? Kita bisa mulai melakukan pendekatan ke kenalan-kenalan lama atau teman SMA yang masuk ke perguruan tinggi yang sama dengan kita.

Hal ini bertujuan agar kita tidak merasa “sendirian” saat masuk ke dalam lingkungan baru. Di beberapa perguruan tinggi, kita bisa melihat daftar calon mahasiswa yang diterima untuk tahun ajaran baru melalui website resmi dari perguruan tinggi tersebut. Mmm..

Baca: Pilih kuliah, kerja atau nikah setelah lulus SMA

 

Cara lainnya yang cukup kreatif, coba search di sosial media nama perguruan tinggi kamu, siapa tahu ada calon-calon mahasiswa yang sedang meng-update mengenai calon kampusnya di akunnya.

 

2. Menyiapkan “seragam” baru

ide fashion di kampus kuliah

Kok siapin seragam? Bukannya anak kuliahan ga pake seragam? Weits, bukan seragam putih yang harus Ouchers siapkan, melainkan baju-baju yang nyaman dipakai dan sopan. Kita yang biasanya setiap pagi tidak perlu memikirkan “outfit of the day” ke sekolah karena pasti pakai seragam akan mulai kebingungan ketika harus mencari baju bebas untuk ke kampus.

Mulailah mengumpulkan pakaian-pakaian yang nyaman dipakai dan memenuhi peraturan yang diberikan oleh perguruan tinggi. Hindari pakaian yang terlalu terbuka seperti tank-top atau low-cliff, hindari pakaian dengan tulisan-tulisan yang offensive.

Bagi kamu yang cuma punya celana jeans gaul yang bolong dibagian dengkul atau paha, sudah saatnya kamu membeli celana jeans baru, atau menambal lubang-lubang tersebut. Berpakaianlah yang sopan ke kampus karena… mm.. yah pokoknya yang sopan lah!

 

3. Coba Kerja part-time

kerja part time anak kuliah

Nah! Ini dia! Ini dia yang recommended sekali. Seperti yang kita ketahui, sekitar 90% persyaratan pengrekrutan karyawan full-time maupun part-time adalah “Lulus SMA/Sederajat”, kebetulan sekali sekarang kita sudah lulus SMA dan punya waktu luang. Ditambah lagi liburan yang menguras kantong, bayaran perpisahan dan prom night, belum lagi masuk kuliah dimana tugas-tugasnya akan semakin memeras dompet kamu!

Baca: 5 teknik dasar mendapat beasiswa kuliah di luar negeri

 

Ada baiknya kita mulai mempersiapkan uang simpanan. Cobalah mencari kerja sampingan untuk mengisi waktu luang kamu. Selain menghasilkan uang dan mengisi waktu luang, bekerja sambilan akan menambah pengalaman kamu dan kita juga bisa belajar beradaptasi serta bersosialisasi dengan orang-orang baru. Asik kann!

 

4. Merapihkan sisa-sisa peperang saat SMA

yang mesti dilakukan setelah lulus sma

Ibarat hidup baru, lulus SMA adalah sebuah jenjang dimana kita akan move on dari sekolahan ke dunia perkuliahan. Maka ada baiknya kita mulai merapihkan sisa-sisa peperangan kita melawan UN di SMA kemarin. Tumpukan buku “Cara Jitu Lulus UN” di sudut kamar kamu, kertas-kertas fotocopy-an catatan anak terpinter di kelas kamu, sampe kertas jimat lulus ujian yang kamu tempel di cermin, mulailah di bereskan.

Baca: Daftar jurusan kuliah dengan prospek kerja tinggi

 

Kamu bisa kasih kumpulan latihan UN kamu ke adik kamu atau ke adik kelas kamu. Pilah-pilah mana yang terpakai dan tidak terpakai, buka kotak pensil, buang pen yang bocor dan uda ga nyata lagi yang menuhin kotak pensil, ganti dengan beberapa pen baru yang bisa kamu bawa ke kampus nanti. Supaya semangat di kampus baru nanti!

 

5. Quality-time dengan teman-teman kesayangan

quality time with friends

Berat pasti rasanya kalau tidak bertemu dengan teman-teman gokil kamu di sekolah. Kalau  ada masalah, hal utama yang dilakukan saat tiba di sekolah pasti mencari teman-teman sohib kita dan menumpahkan segalanya ke mereka. Menguasai meja kantin saat istirahat, bolos pelajaran, bercanda tawa dengan volume full, bergosip ria saat jam pelajaran dan jutaan kenangan manis lainnya.

Sayangnya, ketika lulus SMA, ada beberapa dari mereka akan terpisah ke perguruan tinggi yang berbeda-beda. Saat liburan ini adalah saat yang tepat untuk menikmati ke-eratan hubungan persahabatan kita. Lakukanlah hal-hal yang sudah kita rencanakan dari abad lalu yang belum juga terlaksana.

Baca: Daftar biaya sekolah/kuliah di 13 negara terkenal dunia

 

Pergilah ke tempat yang kalian ingin kunjungi bersama. Sempatkan Quality time dengan teman-teman kesayangan kamu. Buat lebih banyak kenangan untuk persahabatan kalian!

Habiskan liburan berharga kalian ini dengan hal-hal yang bermakna. Nikmati waktu santai kamu, cukup istirahat, jaga kesehatan, optimalkan diri kamu secara fisik dan mental untuk menjalani hari-hari baru kamu di perguruan tinggi! Dan yang terpenting…. ENJOY! :D

Ditulis oleh: Angel Sung – Alumni SMK Pariwisata Santa Theresia Jakarta

 

Punya artikel yang bakal bermanfaat buat para Oucher? kirimin aja ke ouch@mycakrawala.com kalo mau dimuat di sini!

Share Button


Comments


Leave a Comment