5 Fakta Mengenai Tahun Baru


Share Button

Tinggal menghitung jari aja nih Sob kalo bahas tahun baru. Ga kerasa ya waktu jalannya cepet banget udah pengen 2015 aja hahaha…

Udah punya planning kemana aja nih Ouchers! buat tahun baruannya? Apa sibuk belajar buat UN. Yaaa…having fun dulu gapapa lah biar otak lo ga ngebul gitu deh. Mungkin beberapa dari lo belum tau dan setuju sama  beberapa fakta dibawah ini. Simak!

index

Tanggal Tahun Baru

Buat lo yang belom tau nih Sob. Dulu orang-orang Romawi Kuno tahun barunya bukan tanggal 1 Januari lho. Tapi mereka tahun baruan pas tanggal 1 Maret. Beberapa Negara Eropa di abad pertengahan juga beda tanggal tahun barunya, yakni 25 Maret. Tapi setelah kejadian itu semua, akhirnya tahun baru disahkan pada tanggal 1 Januari.

ritual

Perayaan Tahun Baru Merupakan Ritual

Sebenernya ga ada catatan tertulis kalo emang tahun baru itu keharusan Sob. Tapi mayoritas orang di seluruh dunia sepakat kalo perayaan tahun baru adalah ritual buat sebagai ending dari seluruh aktivitas di tahun sebelumnya. Mau hal yang positif kek, negatif kek semuanya bakalan dilupain. Jadi, sebenernya ga ada yang namanya perayaan tahun baru, itu cuma simbolik aja Sob!

terompet-775323

Meniup Terompet

Sebenernya meniup terompet cuma bikin orang sekitar lo pusing doang Sob! Lo tau ga nih sebenernya tuh tradisi niup terompet itu awalnya dipercaya orang-orang kuno sebagai alat ngusir setan Sob! Rada angker sih tapi itu lah fakta yang ada. Baru tau deh lo pasti? Ngakuuuuuuu!

petasan

Bermain Petasan 

Asal lo tau nih Ouchers! sebenernya main petasan itu ga cuma sisi negatif aja. Tapi orang-orang dulu percaya kalo emang main petasan itu bakalan terhindar dari para roh jahat. Jadi, orang-orang dulu ngerayain tahun baru makanya nyalain petasan juga. Ga nyangka kan pastinya?

Tahun Baru Jaman Dulu Belum Tentu 31 Desember

Nih kalo kita sekarang kan tahun baru ya setelah tanggal 31 Desember. Itu udah generasi turun-temurun. Tapi coba lo liat jaman dulu, orang-orang mah ga mikirin kayak kita gitu. tahun baru tuh adalah sebuah perayaan kalo mereka panen pangan. Jadi kalo ga panen ya belom tahun baru hahahaha… ada yang ngasih telor, ngasih kacang berlapis emas, pokoknya beda-beda deh ckck.

Menurut OUCH! pasti masih banyak lagi fakta yang masih bisa diungkap. Segini aja dulu biar Ouchers! itu kepo tentang kejadian sekitar. Jangan cuma ngerayainnya aja yang tau. Coba deh cari tau juga asal mulanya kayak gimana. Lumayan jadi memperluas pengetahuan lo Sob!

 

Penulis : Zeldjian Poetera Athallah

Share Button

Miss September

Passion and Dreams Staying Alive

More Posts - Twitter - Pinterest - Google Plus



Comments


Leave a Comment