4 Cara Dapat Duit Tambahan Buat Anak Sekolahan


Share Button

Kalau kata peribahasanya sih, sambil menyelam minum air. Siapa bilang sambil sekolah kita engga bisa menghasilkan duit sendiri? Terkadang, duit jajan yang dikasih orang tua bisa engga cukup.

Nah, jangan minta terus dong sama orang tua, coba deh cari kerjaan tambahan sendiri. Meskipun kita masih sekolah, ada beberapa pekerjaan yang bisa kita lakukan untuk dapat uang jajan tambahan. Apa aja tuhh? check this out, Ouchers!

 

1. Kerja part-time.

kerja part time anak sekolah

Kerja part-time atau kerja paruh waktu biasanya jadi pilihan utama bagi anak sekolah yang cari pekerjaan. Karena sistem kerja yang di-shift, anak-anak sekolah punya kesempatan untuk mengambil pekerjaan ini. Biasanya sih per-shift antara 6-8 jam. Kalau kamu sekolah pagi atau siang, kamu bisa ambil kerja shift malam. Dari segi bayarannya juga lumayan. Biasanya, tempat-tempat seperti department store, kafe atau restoran yang membuka lowongan kerja part-time.

 

2. Buka bisnis sendiri.

bisnis anak sekolah

Kalau kamu bercita-cita jadi pengusaha muda, kamu bisa buka usaha sendiri. Karena kamu masih berstatus pelajar, engga perlu membuka bisnis dengan modal besar-besaran. Misalnya usaha online shop, modalnya bisa minjem dari orang tua. Lebih enak lagi kalau ngerjain bisnis berdua bareng teman atau pacar lo sendiri, jadi lebih enak ada yang bantuin dibanding bisnis sendirian.

Baca: Yang mesti lo ketahui sebelum buka bisnis online shop

 

3. Jadi guru les.

pacaran dengan guru sendiri

Punya otak lumayan pinter? Jangan disia-siain.. Jadi guru les adalah pekerjaan yang sama sekali engga perlu modal, karena kamu cuman men-sharing ilmu kamu sama orang lain. Apalagi, ada untungnya juga buat kamu – yaitu kamu bisa ingat lagi dengan pelajaran yang udah kamu lupa.

 

4. Bantuin usaha keluarga.

bisnis keluarga anak sekolah

Misalnya aja di keluarga kamu ada yang punya perusahaan atau punya toko sendiri, boleh tuh coba minta pekerjaan sama mereka. Selain bisa lebih mandiri, lo jadi lebih punya pengalaman kerja sebelum lulus kuliah. Tapi inget, pendidikan mesti tetap jadi fokus utama ya, karena percuma punya duit banyak kalau cuma tahu cara ngabisinnya.

Baca: Daftar jurusan kuliah dengan prospek kerja paling tinggi

Gimana Ouchers 4 tips tadi?  Tapi tetep ya Ouchers, karena kamu masih sekolah, jangan lupa pentingkan pelajaran dulu dibanding pekerjaan. Semoga bermanfaat :)

Ditulis oleh: Shannen – Alumni SMAK 4 Penabur, Jakarta

 

Punya artikel yang bakal bermanfaat buat para Oucher? kirimin aja ke ouch@mycakrawala.com kalo mau dimuat di sini!

Share Button


Comments


Leave a Comment