10 Tips Lolos Seleksi Beasiswa Kuliah di Luar Negeri


Share Button

Siapa sih yang gak mau kuliah di luar negeri secara gratis? bahkan gak sedikit kan orang yang kepengen kuliah di luar negeri walaupun harus pakai duit sendiri.

Kenapa banyak yang pengen kuliah di luar negeri? tentu selain kuliah di luar negeri lebih menguntungkan dibanding kuliah di dalam negeri, lo bisa dapat banyak pengalaman hidup yang gak terganti selama tinggal di luar negeri.

Baca: 7 alasan kuliah di luar negeri lebih menguntungkan dibanding UI, ITB, dll.

Banyak banget lho beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa lo dapetin tapi memang gak gampang, karena seleksinya susah-susah.. ya namanya juga gratisan kan.

Tapi gak usah pesimis, ikutin aja nih tips lolos seleksi beasiswa buat kuliah di luar negeri

 

1. Usahakan dapat nilai rapor bagus

dapatkan nilai rapor bagus

Setiap orang emang cerdas di bidangnya masing-masing dan gak melulu orang yang cerdas di kelas tergolong yang cerdas juga di lapangan. Tapi kalo lo berniat cari beasiswa kuliah di luar negeri, nilai bagus di rapor bakal nolongin lo bangeet.

Akan lebih bagus kalo lo punya prestasi di ajang nasional semacam olimpiade akademik, itu bakal permudah lo dapet beasiswa kuliah di luar negeri.

Baca: 5 tips sukses ujian tanpa harus belajar mati-matian.

 

2. Jangan lupa buat aktif berorganisasi

kegiatan pramuka positif

Walaupun lo jadi paling pinter satu sekolahan gak jamin lo bakal lolos seleksi beasiswa kuliah di luar negeri kalo lo sama sekali gak punya pengalaman di luar sekolah. Karena para pemberi beasiswa gak cuma cari yang pinter di kelas tapi juga di lingkungan sosial, salah satunya cari yang aktif berorganisasi.

Jadi, gak ada alasan buat lo gak bergaul dengan teman-teman dan terus-terusan belajar di rumah. Perluas pengalaman lo, lebih baik lagi kalo lo punya prestasi di bidang olahraga.

 

3. Jadilah volunteer di acara-acara sosial

kegiatan sukarelawan

Selain aktif di organisasi luar sekolah, menjadi volunteer atau sukarelawan juga bakal kasih nilai plus terhadap karakter diri lo untuk lolos seleksi beasiswa kuliah di luar negeri. Banyak banget kampanye kegiatan sosial yang bisa lo bantuin, dari situ lo bisa belajar yang namanya pengembangan diri.

Pengalaman hidup kayak gitu yang bakal permudah lo buat bertahan hidup di luar negeri. Sebab lo kan bakal jauh dari keluarga saat dapat kuliah di luar negeri. Inilah alasan kenapa lo mesti ikut volunteer di acara-acara sosial.

 

4. Dapatkan hasil tes bahasa asing

test toefl inggris

Perdalam bahasa asing dah pasti wajib lo lakuin, tapi yang biasanya jarang dilakuin adalah buat ambil tes bahasa asing. Minimal lo mesti tahu berapa nilai TOEFL dan IELTS buat modal seleksi beasiswa kuliah di luar negeri.

Rata-rata buat lolos seleksi beasiswa luar negeri, nilai TOEFL minimal 550 dan IELTS diatas 6,5.

 

5. Minta rekomendasi dari orang lain

cara mendapat rekomendasi

Penting buat lo deket dengan orang-orang yang sekiranya punya pengaruh gede buat rekomendasikan diri lo buat lolos seleksi beasiswa kuliah di luar negeri. Misalnya; ketua organisasi tempat lo jadi volunteer, atau CEO tempat lo kerja selama magang.

Minta ijin mereka untuk secara personal kasih diri lo rekomendasi secara tertulis atau lisan sebagai kelengkapan seleksi beasiswa kuliah di luar negeri. Dan yang terpenting adalah jaga hubungan baik dengan mereka.

Baca: 5 hal yang perlu dilakukan sebelum jadi “anak kuliahan”.

 

6. Buatlah CV pribadi

menulis cv pribadi

Walau bukan untuk ngelamar kerja, bikin CV pribadi tuh bakal jadi hal yang wajib dilakukan kalo lo berniat cari beasiswa kuliah di luar negeri. Gak masalah kalau lo gak punya banyak pengalaman buat ditulis, yang terpenting lo tulis dengan jelas, terstruktur dan jujur.

Di dalam CV pribadi, lo bisa selipkan rekomendasi dari orang-orang berpengaruh yang pernah lo ajak kerjasama. Ini bakal jadi nilai plus dan permudah lo buat bikin lamaran kerja di kemudian hari.

 

7. Tulis surat motivasimu sendiri

komitmen adalah

Penting buat lo tahu apa motivasi buat dapetin beasiswa kuliah di luar negeri. Karena inilah faktor terpenting yang jadi penentu apakah lo bakal lolos seleksi atau gak.

Surat motivasi yang oke itu yang menjelaskan kenapa lo ikut program beasiswa tersebut, apa rencana masa panjang setelah lulus kuliah. Pokoknya tunjukin kalo lo adalah orang yang pantas dapetin beasiswa kuliah di luar negeri tersebut.

 

8. Latihan wawancara

latihan wawancaran

Ini juga bagian yang penting, setelah berkas beasiswa lo diterima atau lolos seleksi maka selanjutnya adalah tahap wawancara atau interview. Di sinilah lo bakal dinilai kemampuan komunikasi dan segala macam. Gak ada salahnya lo konsultasi sama orang yang lebih tua dan sering ikut wawancara.

Ajak teman dekat atau orang tua lo buat ngewawancarain diri lo, jadi biar ada bayangan gitu dan gak grogi waktu diwawancara beneran.

 

9. Buktiin rasa nasionalisme lo

bukti cinta indonesia

Ini nih yang masih jarang dilakuin orang waktu cari beasiswa, yaitu bilang kalo hasil beasiswa yang didapat bakal dipake buat berkontribusi balik ke negara sendiri. Yaa memang gak bisa juga sih lo bohong-bohong bilang begitu, karena mesti dari hati banget.

Tapi mestinya sih kalo lo dah biasa ikut volunteer kegiatan sosial, rasa cinta tanah air lo bakal kental banget dan bukan gak mungkin lo bakal punya spirit nasionalisme yang tinggi. Jadi, waktu ditanya buat apa beasiswanya? lo bakal jawba dengan tegas “Akan dipakai untuk membangun Indonesia”.

Baca: Cara hemat kuliah di luar negeri tanpa perlu terlihat kayak orang melarat.

 

10. Jangan menyerah!

jangan menyerah

Klise sih tapi percayalah, sekali aja lo menyerah maka tertutup sudah kesempatan sukses buat lolos seleksi beasiswa kuliah di luar negeri. Coba terus apply ke semua program beasiswa yang ada dan selamat mempraktekkan tips-tips di atas.

Share Button


Comments


  1. nazil July 11, 2015 at 15:59

    Mas bisakah bimbing saya tuk dapetin beasiawa k luar negeri ini impian saya.. tolonng email saya kalo mas mau bimbing. Terimakasih

  2. Aldy March 05, 2016 at 22:49

    Kak saya mau tanya nih seputaran kuliah di luar negri, tolong email saya kalo kakak berkenan

Leave a Comment