10 SMA Unggulan se-Indonesia Idaman Para Orang Tua


Share Button

sekolah sma unggulan indonesia

Setiap orang tua pengen kita tuh sekolah di SMA unggulan makanya mereka sering nyuruh kita belajarlah, ambil les tambahan, panggil guru privat, dan apapunlah dilakukan biar masuk sekolah SMA unggulan.

Dari ribuan sekolah di Indonesia, cuma ada beberapa aja yang memang terkenal banget para siswa-siswinya cerdas dan hasilkan banyak prestasi skala nasional atau internasional. Dan gak cuma di Jakarta aja lho, banyak juga sekolah SMA unggulan daerah yang lebih bagus dibanding sekolah SMA di Jakarta.

Baca: Daftar jurusan kuliah dengan prospek kerja tinggi

Buat lo yang sekarang masih bingung milah-milih lanjutin SMA di mana, bisa nih lihat 10 SMA unggulan se-Indonesia ini buat referensi pilih sekolah.

 

1. SMA Taruna Nusantara Magelang

SMA Taruna Nusantara Magelang

Kalo anak-anak bilangnya Tarnus atau TN. Sekolah ini terkenal banget sama disiplinnya yang tinggi, bahkan katanya semi-militer gitu karena sekolah ini termasuk yang pertama kali pakai sistem asrama.

Salah satu lulusan itu Agus Harimuti Yudhoyono alias anaknya Pak SBY dan prestasi Internasional yang pernah mereka dapat tuh mendali emas olimpiade fisika di Mongolia oleh Ahmad Andhiki. Alamat SMA Taruna Nusantara Magelang:  Jl. Raya Purworejo Km 5 – 56172 – Magelang.

 

2. SMAN 8 Jakarta

sman 8 jakarta

Siapa sih anak Jakarta yang gak tahu sekolah ini? sudah pastilah yaa anak 8 emang dikenal gaul dan pinter, rata-rata lulusannya aja kuliah kalo gak di UI ya ITB. Prestasi anak-anak 8 pun banyak banget. Tahu Nicholas Saputra doong? doi tuh lulusan sini lho. Alamat SMAN 8 Jakarta: Jalan Taman Bukitduri Tebet Jakarta Selatan.

Baca: Daftar fakultas/jurusan yang paling susah dimasukin

 

3. SMAN 3 Bandung

sman 3 bandung

Di Jakarta ada SMAN 8, kalo di Bandung ada SMAN 3. Saking banyaknya anak 3 yang kuliah di ITB sampai ada jokes yang bilang SMAN 3 Bandung tuh sekolahnya ITB. Gedung sekolahnya unik lho karena dah ada sejak tahun 1953, apalagi dengan cuaca adem ala Bandung maka gak heran kalo sekolah di sini jadi nyaman buat belajar. Alamat SMAN 3 Bandung: Jl. Belitung 8 Bandung.

 

4. MAN Insan Cendekia Tangerang

MAN Insan Cendekia Tangerang

Buat yang belum tahu, sekolah MAN alias Madrasah Aliyah Negeri itu setara dengan SMA hanya aja sekolahnya berbasih Madrasah. Dan gak cuma di Tangerang, MAN Insan Cendekia juga ada di Gorontalo. Tahu gak siapa yang buat MAN ini? pendirinya adalah Prof. Dr. -Ing. B. J. Habibie. Alamat MAN Insan Cendekia Tangerang: Jalan Cendekia BSD Sektor XI Tangerang Selatan.

 

5. SMAN 3 Semarang

sman 3 semarang

Ini adalah salah satu sekolah yang jadi pelopor sekolah taraf Internasional di Indonesia, gak heran Depdiknas pernah jadiin sekolah ini sebagai sekolah terbaik di Indonesia. Dan sekolah ini pun dah lama ada sejak tahun 1877, lebih tua dari SMAN 3 Bandung yaa. Alamat SMAN 3 Semarang: Jalan Pemuda 149 Semarang.

Baca: 7 alasan kuliah di luar negeri lebih menguntungkan dibanding UI/ITB

 

6. SMAN 1 Teladan Yogyakarta

SMA 1 Teladan Yogyakarta

Resminya sih namanya SMAN 1 Yogyakarta, cuma orang-orang Jogja sana sering nyebutnya SMA 1 Teladan.. dah pasti karena murid-muridnya teladan semua. Gak beda jauh sama SMAN 3 Bandung, sekolah ini sudah ada pertama kali dibuat tahun 1957 tapi katanya sih sudah ada lebih lama sejak jaman masa penjajahan Belanda. Alamat SMAN 1 Teladang Yogyakarta: Jalan Hos Cokroaminoto 10 Yogyakarta.

 

7. SMAN 5 Surabaya

sman 5 surabaya

Arek-arek Suroboyo sering nyebutnya smalabaya, sama kayak sekolah-sekolah lainnya lulusan dari SMAN 5 kebanyakan kuliah di tempat unggulan juga; di Surabaya itu kampus unggulannya Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya. Alamat SMAN 5 Surabaya: Jalan Kusumabangsa 21 Surabaya.

 

8. SMAN 4 Denpasar

sman 4 denpasar

Bukan cuma pulaunya yang indah buat liburan, sekolah SMAN 4 Denpasar ini pun jadi salah satu sekolah terbaik se-Indonesia. Buat lo yang berencana lanjutin SMA di luar Jakarta bisa jadiin sekolah ini salah satu pilihan. Alamat SMAN 4 Denpasar: Jalan Gunung Rinjani, Monang Maning, Denpasar.

Baca: Pilih kuliah, kerja atau langsung kerja?

 

9. SMAN Plus Riau

sman plus riau

Sekolah Plus Riau ini baru dibentuk tahun 1998/1999 dengan jumlah siswa yang hanya 70 orang dan 13 guru tapi sudah jadi salah satu sekolah unggulan di Indonesia. Ini bisa jadi bukti kalau anak daerah gak mesti kalah dengan anak yang sekolah di kota besar. Alamat SMAN Plus Riau: Jalan Lingkar Kubang raya, Pekanbaru.

 

10. SMAK 1 BPK Penabur Jakarta

sma bpk penabur

Terngata gak semua sekolah unggulan di Indonesia itu sekolah negeri, ini buktinya sekolah swasta pun gak kalah. Sudah banyak banget prestasi internasional dari murid-murid Penabur Jakarta ini, mulai dari olimpiade matematika, fisika sampai astronomi dan astrofisika international. Alamat SMAK BPK Penabur Jakarta: Jl. Tanjung Duren Raya No. 4, Blok E Lantai 5 Jakarta.

Share Button


Comments


  1. Orang Jakarteeeeee December 01, 2014 at 21:33

    SMAN 8 JKT dahsyaattt banget !…. Gw liat di PPDB (2014) NEM : 9,5 udah kelempar.
    Nih gw COPAS dari web SMA 8

    LAPORAN PRESTASI AKADEMIK
    SMA NEGERI 8 JAKARTA
    TAHUN 2013-2014

    1. Peringkat 1 UN Provinsi DKI Jakarta SMA Negeri ( IPA peringkat 1, IPS Peringkat 2)
    2. OSN 2014 Penyumbang medali terbanyak untuk DKI (DKI Juara Umum) dengan 2 Emas, 3 Perak dan 1 Perunggu (Peringkat 4 Nasional Peraih medali OSN tingkat SMA)
    3. 93.00 % siswa diterima di Perguruan Tinggi dengan rincian :
    1. UI : 42 Siswa (SNMPTN UND) + 26 Siswa (PPKB) + 9 Siswa (TALENT SCOUTING) + 2 Siswa (OSN) + 46 (SBMPTN) + 35 siswa (Simak) = 168 siswa
    2. ITB : 49 Siswa (SNMPTN UND) + 53 Siswa (SBMPTN) = 102 Siswa
    3. UNPAD : 3 Siswa (SNMPTN UND) + 20 Siswa (SBMPTN) = 23 Siswa
    4. UGM : 7 (IUP Int) + 7 Siswa (SBMPTN) + 3 Siswa IUP + 2 UTUL = 19 Siswa
    5. UNS : 4 Siswa (SNMPTN UND) + 3 Siswa (SBMPTN) = 7 siswa
    6. IPB : 1 Siswa (SNMPTN UND) + 1 Siswa (SBMPTN) = 2 Siswa
    7. UNAIR : 5 Siswa (Mandiri) + 2 Siswa (SBMPTN) = 7 Siswa
    8. UNDIP : 4 Siswa (SBMPTN) + 1 siswa Ujian Mandiri = 5 Siswa
    9. UNIBRAW : 1 Siswa (SBMPTN) + 2 Siswa (Ujian Mandiri) = 3 Siswa
    10. ITS : 5 Siswa
    11. AUSTRALIA : 1 Siswa (NSW)
    12. SINGAPORE : 5 Siswa (NTU,NUS,NAFA,LASALLE)
    13. JAPAN : 6 Siswa (APU,KEIO UNIVERSITY)
    14. KANADA : 1 Siswa (ONTARIO COLLEGE)
    15. BELANDA : 1 Siswa

    nyesel gw skul di tempat abal-abal. Menang gaya doang ! Otak kosong

    1. lolipedofin March 19, 2015 at 14:27

      Gw alumni SMAN 8 Jakarta, dan jujur gw cuman bisa bilang pengalaman gw di sana nggak manis…. Ini adalah sekolah dengan environment yang sangat oriented pada nilai dan bukan knowledge. Ratusan orang tua bikin stress anaknya dari SMP demi supaya anaknya bisa masuk 8, semua cuman karena kebanggaan, anak2 yang masuk pun akhirnya cuman karena tersetir atau pride semu.

      Gw harap sekarang sih sudah berubah, tapi gw cuman bisa bilang kalau mencari SMA unggulan tuh bukan segala2nya. Gw punya temen pas kuliah di singapore yang lulus SMP dan SMA dengan NEM palsu/bayar, dan sekarang dia kerja di Agency firm bagus di jakarta dengan gaji cukup tinggi, dia dapet cewek di sana, gajinya di bawah dia… dan ternyata tuh cewek adek kelas gw di SMPN 115, dia juga lulusan SMAN 70 dan UI. So? Education while it is indeed important, it is not the make or break of a person, it is not everything.

      Kalau sekolahan masuknya pinter keluarnya pinter, itu namanya biasa aja, bukan sekolah bagus.

      1. ekal April 02, 2015 at 09:28

        Cuma pengen bangga2an aja. Beli soal UN bocoran. Kebanggaan semu. Yang penting skil bukan skul bro n sis..

    2. caca April 02, 2015 at 10:10

      Wow!!! hebat ya SMA 8. Kakak gw disitu. Itu bisa kayak gitu karena muridnya pada lomba2 ikut bimbel diluaran. Kalau disekolah guru2nya biasa aja. gak spt yg dibayangkan kok.

    3. Bulukukuk May 26, 2015 at 19:57

      Anjritt 2015 nemnya byk yg cepeee cuiy z!

  2. oliop January 09, 2015 at 22:42

    “di Surabaya itu kampus unggulannya Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya” cuman mau benerin aja UNIVERSITAS BRAWIJAYA itu di MALANG, mungkin yang benar itu UNIVERSITAS AIRLANGGA & INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER SURABAYA no offense ya mas admin cuman benerin aja karena dibaca banyak orang takut salah paham

  3. Febby Salahuddin Darmojo January 22, 2015 at 21:56

    Kalo gw, inginnya SMAN 8 Jakarta Selatan.

  4. Bagus Wibowo February 07, 2015 at 09:46

    .
    Sial banget gw kemarin. 2014. Kelempar dari SMA 8 Jakarta. Parah banget NEMnya. Paling kecil 9,5 (2014) jalur Umum.
    Luar Kota (Non DKI) lebih sarap lagi NEMnya. > 9,6 paling kecil.
    Jalur Lokal sih lumayan … gak terlalu gede asal KK sekitar Bukit Duri. tapi paling kecil > 9,2 tetep aja tinggi. aturannya gw masuk tuh (jalur lokal) sayang rmh gw gak di sekitar skolah itu….kampreetttt

  5. Salsabila February 14, 2015 at 16:29

    Gila Nemnya sma 8. Gw sampe stress n nangis gak keterima di 8.
    Mana tmn2 gw pd keterima. Pinter’pinter siih. Nem gw kmrn rata2 9.41 (37.65)… ah sial banget KK gw bukan daerah tebet

  6. Orang Mbrosoot February 21, 2015 at 09:30

    =
    SMAN 8 Jakarta, kereen

  7. Ari February 22, 2015 at 18:59

    SMAN 4 Denpasar sih menurut gue paling keren

  8. DEDEH NURINAYAH February 28, 2015 at 10:04

    Seneng banget pasti kalo bisa masuk SMAN 8 Jakarta.

  9. Dwi February 28, 2015 at 15:56

    Kalau menurut gw SMA N 4 DENPASAR yg paling keren, soalnya sudah beberapa kali dapat nilai UN rerbaik nasional

    1. Haidar Afif Putra March 11, 2015 at 21:33

      yap betul

  10. Pevita Maharani March 01, 2015 at 02:43

    SMAN 8 Jakarta. Mantaaappp. OSN Medali Emas teruss. UI – ITB – PTL Luar Negerinya ….. ampuun deh.
    Mmg susah sih masuk 8 jugaa.

  11. keren March 03, 2015 at 17:52

    SMAN 8

  12. dena March 07, 2015 at 15:34

    kalau aku sih pengen di sman plus riau

  13. Lia BSD City Serpong March 07, 2015 at 21:50

    SMAN 8 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan

  14. Lia BSD City Serpong March 07, 2015 at 21:54

    SMAN 8 Jakarta.

  15. Umum March 12, 2015 at 23:32

    Sy suka SMA 8 Jakarta

  16. sentinel March 24, 2015 at 11:11

    Saya setuju sama pendapat “lolipedofin”. Sepertinya belum ada sekolah Negeri di Indonesia yg bikin anak jadi pinter. Yg ada itu kumpulan anak2 pintar, pintar dari rumah atau lembaga bimbel luar sekolah. Dengan modal nilai tinggi bersaing masuk ke SMA Negeri yg katanya unggulan. Disamping memang anak pintar karena giat belajar dan jujur, gak jarang juga nilai UN tinggi didapat dari segala macam cara.

  17. Tiara Al Azhar Bintaro April 04, 2015 at 09:32

    Gimana sih biar bisa masuk 8. Gw pengen bamget masuk 8. Gw lagi belajar mati-matian nih; Pokoknya gimana juga hrs bisa masuk 8. Hidup cuman sekali, mumpung gw masih muda.
    Gw juga udah dapet swasta. Labsky (Labschool Kebayoran), Alhamdulilllaaaahhhhhhh

  18. Cirra Bandung April 04, 2015 at 10:53

    Saya rasa smua SMA ingin jadi yg terbaik. Semua pasti Ambisius, Jadi soal stress or tekanan di dalamnya biasalah.
    Kita tdk boleh memungkiri kenyataan akan nikmat yg nanti akan didapatkan kelak. Pandai2lah bersyukur. Jika mau sekolah ditempat yg “butut” ya monggo, silahkan. Byk kok sekolah yg sering tawuran

  19. Perjaka Bandung April 04, 2015 at 10:59

    Salut dgn Youtube SMA 3 Bdg. (Bukan Seberapa Besar Mimpimu, tapi Seberapa besar kamu).
    SMA 3 ””’ ITB…….. yesss

  20. Anindita April 05, 2015 at 08:39

    Wah skola aku masuk. Dulu aku di 8. Mmg sy akui anak 8 pinter-pinter. Kalo belajar ambis-ambiisss. Nemnya tinggi-tingi, Teman2 dulu banyak yg juara OSN disitu. Langganan medali Emas.
    Pandai-pandai. Apalagi kelas Aksel………wwiiiihhhh !!

  21. daydream April 12, 2015 at 17:43

    kalau aku sih pengennya masuk SMAN plus :) wish me luck :)

  22. Haji Amron April 17, 2015 at 18:32

    SMA 8 Jakarta mah sekolah anak2 saya. Saya juga alumni SMA 8 Jakarta. SMA 8 itu mmg susah, nemnya hrs sangat tinggi sekali utk bisa masuk ke sana

  23. yohana octavia sanipar April 18, 2015 at 20:51

    SMA Unggul Del mana ?

  24. ekal April 20, 2015 at 12:36

    Yang hebat tempat bimbelnya bukan sekolahnya. Sekolah cuma dompleng doang gurunya gak ngajarin pinter. Yang ngajarin sampai pinter itu guru2 di tempat bimbel. Ngapain bangga2in sekolah. Sekolah negeri yg statusnya unggulan di Jakarta cuma ada satu, yaitu SMA Husni Thamrin. Sekolah negeri yg lain itu statusnya sekolah reguler. tapi ngaku2 sekolah unggulan.

  25. Perjaka Bandung April 22, 2015 at 17:56

    SMAN 8 Jakarta.
    SMA Labschool Kebayoran.
    SMAK 1 BPK Penabur
    SMA Islam Al Azhar Pusat 1
    SMA Santa Ursula
    SMAN 3 Bandung

  26. Adelia Imelda April 26, 2015 at 13:25

    Masuk sma 8 nemnya dewa

  27. Anak SMP Jakarta April 27, 2015 at 14:58

    Inshaa Allah gw bisa masuk 8

  28. Bowo Anak UI April 30, 2015 at 06:28

    Kalau Jakarta menurut gw : SMAN 8 Bukit Duri. Kalau Bandung : SMAN 3 Bandung. Kalau Yogyakarta : SMAN 1 Teladan

  29. Jaka Widodol dol April 30, 2015 at 23:15

    SMA 8 Jkt.

  30. tris May 02, 2015 at 10:21

    Bisa berbuat apa sih kalau skul di SMA negeri? Guru2nya sok kuasa, otoriter, korupsi waktu, ngasih nilai gak jelas, sering gak ngajar. Gw dari TK, SD sampe SMP skul di swasta (Al Azhar). Dan sejak SMA di negeri. Itu kondisinya beda banget 360 drajat. Gw gak ngerti polanya kayak apa? Dan ternyata kata teman2 gw yg juga sekolah di SMA negeri lain juga bgt. Semua sekolah negeri kayaknya harus di reformasi tuch. Segera!

    1. Jaka Widodol dol May 06, 2015 at 23:04

      Ya lo balik lagi aja swasta coiyyy…mga da lo jg ga ngaruh

  31. Kacruth Kolor Kecuth May 09, 2015 at 22:43

    SMAN 8 JKT. Krn barusan sy lihat di website sma 8 yg masuk SNMPTN 2015 Jalur Undangan ada 152 anak. (44%).
    Kereen … !!!!

  32. Pakici May 11, 2015 at 18:06

    Kalau aku sih pengennya masuk SD lagi

  33. gail May 11, 2015 at 18:09

    SMAN 1 Jogja 158 siswa yg masuk SNMPTN 2015. Mayoritas di UGM keren!!!
    SMAN 81 Jkt tertinggi DKI Jkt SNMPTN (46 %) Silent but sure…!!! Gak koar2. Keren!!!

    1. Monas May 12, 2015 at 08:14

      Kalo kata Monas sih : SMAN 8 Jakarta paling top.

      trus ada lagi : SMAN 28, BPK Penabur, Labsky (Labschool Kebayoran), Santa Ursula.
      trus yg lagi bagus2nya sekarang SMAN Ung. MH Thamrin. Nahh tu yg terakhir top abisss OSN nya

      1. deddie May 13, 2015 at 12:49

        Tingkat kesulitan bgmn? Jalur SNMPTN kan berdasarkan progres nilai raport di SMA masing2.
        Bagi anak yg berfikir dominan otak kiri, matematika dan ilmu pasti lainnya itu mudah dipelajari dan terserap, sementara bagi anak yg berfikir dominan otak kanan pelajaran tsb agak sulit dan perlu perhatian ekstra (bukan berarti gak bisa). Begitu juga buat anak yg berfikir dominan otak kanan pelajaran ilmu2 sosial, seni dan kreatifitas itu mudah, sementara bagi anak2 yg berfikir dominan otak kiri agak sulit dan perlu perhatian ekstra (bkn berarti gak bisa). Tuhan sdh menciptakan manusia sbg mahluk yg butuh keseimbangan. Antara kelompok individu satu dgn kelompok individu lainnya saling melengkapi…

    2. Lydia May 12, 2015 at 12:35

      SMA 81 mmg ada 144 anak (46%). (lihat website SMA 81) dan SMA 8 cuma 152 anak (44,19%), tapi bobot PTN yg keterima dari SMA 8 Bukit Duri atau SMAK 1 BPK Penabur Jakarta “Lebih Berbobot”. Universitas & Jurusannya (prodi) “Lebih Bergengsi”. #MAAF (sy cuma mempelajari dan coba berkata jujur)

    3. Om dan Tante May 12, 2015 at 15:37

      Tante pelajari dari 8 yg masuk SNMPTN 2015 prodi & universitasnya lbh sulit2 drpd dari sekolah lain. Sepertinya anak 8 itu berani2 bersaing di level sulit. Utk keterima.
      Semoga putri tante bs masuk 8

  34. Adelia Imelda May 12, 2015 at 07:18

    46% ..? Mmg muridnya brp ?. Bknnya 81 kegusur 28 n 78

  35. tere May 12, 2015 at 08:05

    8 mah mmg udah terkenal jago. Gw aja kelempar dulu dari 8. Gak keterima nyet ..
    Skrg 28 lbh bagus dari 81 … Trus ada lagi di Jkt. Itu loh SMAN Unggulan MH Thamrin. Wah itu jago banget.
    OSN yg ke Yogya tahun ini ada 10 anak.

    Top lah. Blum Santa Ursula, BPK Penabur1 dan 3, Labschool Kebayoran. 78, 34, 39, 61. Jagoan Jakarta smua

  36. Tania May 12, 2015 at 10:04

    Keren 8. Makasih yaaaa …. muaaachh. Aku alumni 8

  37. Flandy May 12, 2015 at 10:36

    SMAN 8 Jakarta & SMAN Unggulan MH Thamrin

  38. yen May 12, 2015 at 19:44

    SMA 1 Teladan Yogjakarta tertinggi seIndonesia yg lulus SNMPTN 2015. UGM, ITB, ITS, UI. Integritas paling tinggi seIndonesia dpt penghargaan KPK, dan Mendiknas…

  39. arpl May 13, 2015 at 10:47

    Dari 10 sekolah yg ditampilkan dan di bahas di artikel ini, hasil SNMPTN 2015 dapat saya simpulkan sbb (berdasarkan update dari website sekolah tsb)
    01. SMA Taruna Nusantara – tdk ter update
    02. SMAN 8 Jkt – 152 siswa
    03. SMAN 3 Bandung – tdk ter update
    04. MAN Insan Cendikia Tangerang – tdk terupdate
    05. SMAN 3 Semarang – tdk ter update
    06 SMAN 1 Teladan Yogjakarta – 158 siswa
    07 SMAN 5 Surabaya – tdk ter update
    08 SMAN 4 Denpasar – tdk ter update
    09 SMAN Plus Riau – tdk ter update
    10 SMAK 1 BPK Penabur – tdk ter update

    Beberapa SMA yg tidak masuk peringkat dalam artikel ini jumlah siswa yang lulus SNMPTN 2015 cukup meyakinkan al:
    01 SMAN 81 Jkt – 144 siswa
    02 SMAN 4 Bandung – 125 siswa
    03 SMAn 15 Surabaya – 122 siswa
    04 SMAN 78 Jkt – 98 siswa
    05 SMAN 1 Medan – 84 siswa
    06 SMAN 2 Bandung – 81 siswa
    07 SMAN 68 Jkt – 78 siswa
    08 SMAN 8 Bandung – 69 siswa
    09 SMAN 3 Yogjakarta – 60 siswa
    10 SMAN 2 Tangerang – 43 siswa
    11 SMA Labschool Kby Jkt – 42 siswa
    12 SMAN 3 Jkt – 36 siswa
    13 SMAN 6 Jkt – 34 siswa

    Catatan: daftar ini bersumber dari website SMA tsb. Sekolah yg dipilih yg berhasil lulus di PTN unggulan : UGM, UI, ITB, IPB, Unpad, ITS, Anair, Undip, USU, Unibraw.
    Informasi yg saya peroleh dari website sekolah2 pavorit di kota2 di Indonesia ini lalu saya urutkan.

    1. anon March 09, 2016 at 12:49

      fyi aja, SMAN 3 Semarang taun lalu 288 siswa masuk jalur snmptn alias undangan. which is 50% lebih siswanya lolos snmptn

  40. Siswa SMAN 4 Bandung May 14, 2015 at 10:44

    @belitungtimur
    Selamat malam, berikut ini rincian hasil SNMPTN 2015 SMAN 3 per PTN :
    ITB 140 siswa
    Unpad 25 siswa
    UI 4 siswa
    UPI 2 siswa
    IPB, UGM 1 siswa

    liat dari twitter SMAN 3 Bandung

    1. jago Kandang May 17, 2015 at 08:41

      Payah….. JAGO KANDANG.
      Nyebrang UGM atau UI berani gak ?!!!.
      Spt : anak2 Jakarta.
      Ini pasti krn permintaan pak Aher sendiri dulu, bhw Jabar minta dibanyakin porsi PTN di Jabar (ITB dsb)
      Hrs prioritas putra daerah di PTN ybs. Gw pernah baca beritanya di Google.
      BUKANKAH Bandung tdk hanya SMA 3 saja ?

  41. Anita Yuliana Marpaung May 17, 2015 at 06:26

    .
    Selamat yaaa ….. SMAN 8 Jakarta :

    Afia Lestari Mahanani SMAN 8 Jakarta. Peraih UN IPA tertinggi DKI Jakarta (2015)
    dgn Nem : 578,20 atau rata2 96,37.
    Serta rata2 sekolah SMAN tertinggi DKI No.1 (IPA) dengan : 518,70 (rata-rata : 86,45).

    (Sumber Website SMA 8 Jakarta)

    #8_kereeen. …… pandai-pandai anaknya …………. Bikin iriiiiii (positif yaa)

    Kamu mmg Cakep-cakep. Muridnya pintar-pintar. Anaknya diem-diem

  42. Patrialis May 17, 2015 at 06:58

    SMAN 8 JKT :
    UN IPA tertinggi SMAN DKI Jakarta : rata sekolah : 518.70 atau 86.45 (2015)
    Perorangan IPA UN tertinggi DKI Jakarta : 578.20 atau 96.37 (2015)

    Sumber :
    website 8.
    Wartakota. Metronews dll.

  43. Jakarta Acong May 18, 2015 at 23:36

    SMA 78 kok ga masuk ?. Gape lo. Undangan 2015 ada 98. Lum PPKB UI nambah 27. Plus Talent Scouting : 4.
    Tp gw akuin Jakarta Ujung tombaknya ya SMA 8. Ibarat mau perang nih klo OSN. trus ada lagi BPK Penabur 1 dab 3.
    Sama SMAN Unggulan MH Thamrin di Jakarta Timur. Itu yg paling keren skrg.

  44. Mas Boy May 19, 2015 at 00:30

    SMAN 39 Jakarta (update).

    Undangan SNMPTN 122 (2015)
    PPKB UI 45 (2015)
    Vokasi UI 5 (2015)
    Talent Scouting 3 (2015)

  45. Lionel Messi Barca May 19, 2015 at 12:35

    Mau dong keterima di 8…………..Aamiin

  46. au dah gelap May 19, 2015 at 20:06

    Gausah judging gitu, cuma ngasih info doang kali. Rata rata anak yg masuk 3 minat ke itb. Lah kalo minatnya kesana ngapain maksain ke luar daerah ._. Heran deh negatifnya mulu yg dinilai ckck.

  47. songong May 20, 2015 at 13:02

    Banyak komentar “songong” anak SMA 8 disini. Bener anak 8 atau nyasar doang, buat gaya2an? Cuma 44,1% yg delapan sejati

  48. Bapak Nugroho May 24, 2015 at 18:38

    SMA Labschool Kebayoran utk IPS no.1 di DKI Jakarta (2015).
    IPA no.3 di DKI Jakarta (2015)

    Sumber :
    website SMA Labschool Kebayoran (2015)

  49. Indra Depok May 24, 2015 at 18:49

    SMA Negeri sy suka SMAN 8 Jakarta & SMAN 1 Bogor
    Kalo swasta sy Suka :
    SMA Labschool Kebayoran & SMA Taruna Nusantara
    Kereen abisss !

  50. Tebet May 25, 2015 at 12:03

    Congrats ”8″……..2 Emas, 2 Perak, 1 Perunggu OSN (2015) Yogyakarta

  51. Alhamdulillahirobilalamiin May 25, 2015 at 12:08

    Alhamdulillah, 2 Emas, 2 Perak, 1 Perunggu. OSN (2015) Yogyakarta.

  52. David May 25, 2015 at 12:33

    Wow medali emas OSN ? Keren, Senang melihat anak muda Indonesia yg pandai-pandai

  53. Diego Anjritt keren bett May 26, 2015 at 04:08

    Anjrriit ……. g salah tuh bertaburan nem 100. Puluhan anak … B inggris. Fisika. Kimia. Biologi. gw barusan baca njiiirrr …. website 8 jkt.
    Mengerikan. Pandai-pandai.
    Pd makan apa yaaaakkkkk !!

  54. Putu May 26, 2015 at 04:42

    OSN pd jago2 amat. Langganan medali emas

  55. Beras Plastik Impor May 26, 2015 at 20:16

    Website 8 keren banget. Transparan. Cetar membahenol. Terpampang nyata #syahrini.com

  56. Keep Silent May 27, 2015 at 04:38

    DKI : Labsky peringkat 1 IPS 2015. Peringkat 3 IPA. 2015. (Labschool Kebayoran).

  57. new comer May 27, 2015 at 18:01

    Di Yogyakarta ada SMA Negeri pendatang baru yg sgt baguusss sekali.
    SMAN Kesatuan Bangsa Yogyakarta.
    OSN 2015 dapet 5 Emas.
    Putussss SMAN 1 Yk, SMAN 8 Yk & SMAN 3 Yk

  58. Sony May 28, 2015 at 07:04

    Skul bagus mmg ga bs dibohongi. Subhanalloh nem kelulusannya. Byk banget yaak dpt 100. Anaknya pandai2

  59. Bocah SMP Galau May 28, 2015 at 10:44

    Bismillah Ppdb Online 2015 : SMAN 8 Jakarta, SMAN 1 Depok, SMAN 28 Jakarta

  60. Jakarta itu keras May 28, 2015 at 17:48

    Lulus sih jelas…tapi Cukup gak nem gw masuk 8 ? undangan udh187. (Snmptn, PPKB, Talent Scouting) 2015. Termasuk abang gw.

  61. Rozali Sahlan May 29, 2015 at 08:14

    Asli keren-keren.

  62. Pramaisela Ananda Puteri May 30, 2015 at 01:10

    Deg-degan mau ppdb online. Optimis pasti lulus tapi nem gak yakin.

  63. Bewrtha June 01, 2015 at 07:53

    GOD BLESS. Puteri ibu dulu ada 2 yg masuk SMA 8. Skrg udh di ITB.
    syg yg bungsu 2014 kemarin tidak masuk. Kelempar dari 8. tapi bersyukur masuk SMA 78

  64. Rico Budiman June 02, 2015 at 04:51

    Sumpah sy menyesal keterima SNMPTN pd prodi bkn keinginanku. cuma gara2 memenuhi keinginan sekolahku & guru2ku utk mengangkat nama sekolah. Spy kesannya yg keterima ptn dr SMA ku banyak.
    Lbh baik sy tdk keterima atw cari swasta.
    Mau spt SMA yg terbaik. Tapi caranya menyesatkan. Guru Sialaann !!

  65. Gita Batak June 03, 2015 at 07:38

    SMA 8 Jkt, SMA 1 Yk, SMA 3 Bdg itu gak pelit kursi ya.
    Sekolahnya bagus2. Tp Daya Tampungnya banyak. Skali terima bisa 350 s/d 400-an murid baru.
    Byk SMA bagus dgn Nem yg tinggi2… Tp pelit kursi. Terima muridnya sedikit sekali. Cuma 200 .. Baahh … Sekolah apaan ?…
    Klo swasta mah dimaklumi. Laaah ini negeri

  66. Lolo June 03, 2015 at 10:46

    Semoga masuk SMA N 3 Semarang ya Tuhan…..

  67. Cindy Lulus UN June 05, 2015 at 16:06

    Enak X ych masuk sma terbaik. Ortu bangga. Sekolah jg makin semangat

  68. Ibu Liana Hendarman June 11, 2015 at 15:06

    380,00 (rata2 : 9,50) bisa masuk MIA di 8 gak ? Kami dari Bintaro Tangsel. Tapi KK Jakarta di Kebayoran Baru.
    Arsip Non DKI di 8 (2014) terkecil 9,59 (MIA)
    Kalo IIS puteri kami tdk mau. Krn anak tsb suka dgn fisika.

  69. SONI June 11, 2015 at 17:17

    SMAN 4 denpasar jg kren… thun ini jurusan ipa dan ips meraih rata” tertinggi seBali. Siswa-siswinya jga keterima jalur snmptn kira” 150an orang yg mayoritas milih lanjut ke luar bali.

  70. irul June 12, 2015 at 06:08

    379,5 bisa masuk 8 gak ?

  71. Wahyudi June 12, 2015 at 10:57

    Nem 376,5 jelek ya

  72. Depok Unggulan June 15, 2015 at 05:34

    Pra PendaftaraN Non DKI 15 – 17 Juni. Pengennya sih : SMA 8 Jkt. SMA 1 Depok atau SMA 28. Bismillah.

  73. Marhaban Ramadhan June 17, 2015 at 04:25

    SMA 8 Jakarta dan Labschool Kebayoran
    TOP

  74. sigit June 21, 2015 at 10:58

    Berdasarkan data penerimaan jalur undangan di WEB SMAN 8 Jkt. SMAN 8 Jkt dominan masuk ke UI atau ITB, karena prestasi alumni dan indeks sekolah SMAN 8 di UI dan ITB selama ini dinilai baik, Disamping itu, anak SMAN 8 Jkt dikenal memang hanya ingin kuliah di UI atau ITB, makanya tidak banyak alumni SMAN 8 yang kuliah di PTN negeri lainnya. Sekolah di SMAN 8 cukup berat dan tingkat persaingannnya sangat tinggi. Pesaing yg dirasakan paling berat adalah kawan-kawan seangkatannya sendiri. Jika ingin keterima di PTN Favorit lainnya melalui jalur undangan, mungkin lebih baik memilih SMA lain yang penerimaannya melalui Jalur SNPMTN-nya lebih tersebar. .

  75. Dsy June 23, 2015 at 06:54

    Yang paling hebat tuch Sekolah Rimba “Butet Manurung”. 5 org siswanya akan diundang ke sidang UNESCO PBB, New York utk berpidato dlm bahasa Inggris.

  76. No Name June 24, 2015 at 11:58

    Bangga sekali sih yg dpet SMAN 8, emng gra2 nem paling tinggi di cap SMA unggulan, gw aja gk yakin. kebanyakan anak2 SMA 8 itu juga sombong apalagi anak MIA nya.

    1. Marhaban Ramadhan July 06, 2015 at 01:18

      Ga usah siriikkkk. Mending jagoin skill lo buat ngimbangi mereka. Adik gw kagak keterima disitu aja selowww…. kagum malah. Sapa tau anaknya nanti2 bs masuk situuuu. Getooo loooo pemikiraaan

  77. venda June 24, 2015 at 22:39

    bagusan sman 2 tambun selatan :v jalur undangan taun kmaren 300 siswa, taun skarang 200 , soalnya muridnya lebih dikit dr taun kmaren :3

  78. MoeNnisa June 26, 2015 at 12:01

    Eeh,kalo di malang bagus nya SMA di mana yak ? :”3
    masih Galo mau masuk di mana 0(—(
    mohon pencerahan nya kalo bisa~

  79. budi June 30, 2015 at 16:28

    kok ga ada SMA sutomo medan ? kolese kanisius, labschool kebayoran, de britto, santa ursula dan penabur-penabur lainnya? smak 1 penabur dan sma sutomo alumninya ada yang di MIT bahkan. ga sedikit alumni mereka yang ketrima program s-1 di luar negeri seperti universitas universitas di amerika, singapura, jepang, dll.

    1. kemi July 23, 2015 at 01:38

      Mungki sekolah2 ini saja yg ditunjukkan di page ini, supaya menyebar gak cuma sekolah bagus jakarta doang, mas. Hehe

  80. Bimo July 08, 2015 at 02:53

    Buset dah tuh SMAN 4 Denpasar bangunannya kek Hotel Bali :v

  81. anton July 08, 2015 at 14:17

    ikut komen, saya lulusan SMA 1 YK, langganan ranking juru kunci, alhamdulillah diterima di ITB
    selama berkuliah bersaing dengan jawara jawara rangking 5 besar dari SMA lainnya, dan akhirnya lulus memuaskan dan berkarya untuk negeri dengan baik.

  82. tiara July 10, 2015 at 19:09

    Amit2..gw ga keterima 8. Paling kecil MIA nemnya 383,5 cuiy….atau rata2 hampir 96..(2015)…..Tahap Umum (2015).
    Parah dah SMA 8 ..
    Gw kira di Tahap 2 Lokal bisa keterima. Eh kelempar juga. Paling kecil rata2 : 92,5 cuiyyy…
    Ikut Tahap 3 Umum bangku kosong…ga taunya paling rendah 380,5….. itu mah rata2 95 koma-an lebih.
    #stress

  83. Kebayoran Baru July 13, 2015 at 15:41

    Kemarin ga bisa masuk MIA 8. Kecewa banget. Padahal Nemku jumlahnya 382,50, rata-rata 95,625

  84. Barly Febriano July 14, 2015 at 04:46

    ALHAMDULILLAH… ananda SMA 8. Nilainya 394,0

  85. kemi July 23, 2015 at 01:21

    Halo. Cuma mau nambahin info aja.
    Fyi sma 8 gurunya memang bagus, sistemnya juga lumayanlah. Disini siswa dilatih untuk terbiasa sama soal2 (latihan, ujian, dll) yang susah dan benar dijelaskan penyelesaiannya. Katanya sih, biar gakaget menghadapi sbmptn.

  86. tulus July 31, 2015 at 20:09

    SMA 1 Batam setiap tahun Ratusan masuk PTN Negeri favorit (Und.dan Test) ,tapi jarang diekspos.apa sih parameternya.

  87. Eko Yulianto August 06, 2015 at 00:02

    8 itu mmg sy perhatikan skul yg sgt baik. Utk masuk nemnya tinggi2 sekali. Daya tampungnya juga banyak. Banyak sekolah negeri dgn nem tinggi,tp pelit daya tampung. Padahal sekolahnya cukup luas & bisa menampung lebih byk anak2 lagi.

  88. Sugi August 07, 2015 at 23:19

    Labschool Kebayoran ko gak ada ?… itu kematin 2015 peringkat 1 di Jakarta.
    Ngalahin SMAN 8 & SMAK 1 Penabur. Sy baca di website Labschool Kebayoran

  89. Petra August 18, 2015 at 13:57

    Ada yg baru dpt Medali Emas di Rusia tu anak 8. Olimpiade Sains Internasional Geography (RUSIA). Pas Hari HUT Kemerdekaan RI ke 70. Keren ya anak SMA 8 Jkt. Naksir berat sama itu sekolah

  90. Jakarta Panas Udaranya August 29, 2015 at 19:40

    Labsky : Labschool Kebayoran, peringkat 1 DKI IIS dan 3 DKI MIA.
    Smandel 8 jg keren. Medali EMAS di Rusia (2015) OSN Dunia Geografi. Dan Medali PERAK (Kimia) 2015. OSN Dunia.

  91. rangga syahputra August 30, 2015 at 18:01

    Hmm jadi kepengen deh bisa masuk di sekolah unggulan seperti itu

  92. echi September 07, 2015 at 11:24

    anak2 SMA 8 mmg pinter2. bisa masuk PTN bagus terutama UI. Tapi di UI dosen2 dan Guru Besarnya banyak alumnus SMA 3 Teladan Jkt. Menteri2 di pemerintahan Indonesia banyak alumnus SMA 3

  93. dodi September 12, 2015 at 14:46

    wowwwwwww kereeeen sma tn di magelang

  94. dbvs September 20, 2015 at 23:31

    dulu sebelum smandel terbaik di jkt, 3 teladan setiabudi lebih dulu jadi yg terbaik di jkt, diindonesia juga. tpi turun karena rayonisasi.

  95. Obat demam untuk ibu hamil September 22, 2015 at 11:05

    Wah Mantep banget tuh “SMA Taruna Nusantara Magelang” ajib banget

  96. Siti maimunah September 22, 2015 at 14:28

    8 mah jagoan UN, PTN dan OSN. Langganan medali Emas utk DKI. (ujung tombak)

  97. A.A.R October 02, 2015 at 06:43

    SMAN 8 katanya sekolah yg rawan banjir tapi bisa jadi sekolah unggulan,metode belajarnya gimana kalo sering banjir?
    Kalo aku mau nya msk SMAK bogor,4 tahun sekolah lsg ditawarin kontrak kerja.Tapi,kalo menurut saya lebih bagus SMAN M.H.Thamrin bener-bener ketauan mana yg tekun sama engga,soalnya disana sifatnya asrama.Jadi,siswa/i dapat lebih dekat dgn lingkungan sekolah.Semua siswa kan jadi diperlakukan sama,sedangkan kalo bukan asrama,setiap siswa pasti diperlakukan berbeda dirumah.Lagipula,SMAN M.H.Thamrin juga SNMPTN dan prestasinya dalam OSN tidak kalah jauh dgn SMA 8.
    Salam siswi SMPN 179 Jakarta Timur(onezoeland)

  98. des October 02, 2015 at 11:08

    60% yg masuk SMA 8 itu berasal dari SMP 115 yg nilai UN tinggi2 dan pinter2. Jadi yg hebat tuch SMP asalnya yg menghasilkan output unggul.

    1. Vira October 05, 2015 at 11:29

      Kata siapa dari SMP 115 terbanyak. Mereka bisa banyak krn menang di jalur lokal.
      Coba kalau di Jalur Umum atau Non DKI …. terpuruk.
      Yg gw tau skrg banyak anak SMP 49, 73, 216, 19, 41, 85, 1, 255, 252 pd masuk SMA 8

      Kalo Swastanya yg paling Dominan ya : SMP Labsky (Labschool Kebayoran) & Labschool Rawamangun.
      SMP Islam Al Azhar juga banyak. Baik Al Azhar Pusat, Al Azhar BSD, Al Azhar Bekasi, Al Azhar Rawamangun, Bintaro dsb… pokok Al Azhar laahh.

      Trus SMPK Penabur, SMP Kanisius, SMP Santa Ursula dll….. Daerah juga pd suka 8 krn hidup cuman 1 kali. Cari yg terbaik lah menurut diri lo yg lo bisa dan mampu

      1. wib October 07, 2015 at 15:54

        intinya, berasal dari SMP manapun yg jelas bisa masuk SMA 8 karena nilai UN anak SMP itu tinggi2 dan pinter2 karena mereka hasil output dari SMP asal. Yang jelas kesombongan gak meyakinkan kepintaran. yang bisa juara olimpiade matematika, fisika, atau apapun toch satu dua tiga anak. Bisa lulus PTN pavorit karena faktor nilai karena udah ikut dan bayar mahal di bimbel top. Pintar untuk dibanggakan dan disombongkan gak guna cuyy!!! Pinter itu harus bermanfaat buat masyarakat luas dan bangsa. punya IQ hebat tapi EQ nya payahhh.

      2. Kristison S October 08, 2015 at 22:06

        Anak pandai biasanya baik2 & rendah hati koq. Gw tau mereka anaknya diem2. Tmn gw byk di situ soal.
        Gw sendiri bimbel & belajar habis2-an tetep ga keterima di 8 & ptn. #realistis

  99. Nikita Willy October 03, 2015 at 15:30

    Banjir kan gak tiap hari. Bbrp hari kebanjiran aja begitu gmn gak banjir. Atw dgn gedung terbaik. Modern & mewah spt SMA yg mahal & berasrama.
    Skrg anak 8 gak terlalu dominan 115.
    SMP 49 mau dikemanain ?….Labschool Jakarta & Labschool Kebayoran jg buanyaaakk di 8.
    Al Azhar apalagi. Trus SMPK Penabur, Santa Ursula. Mana-mana lah. BSD City, Bekasi, Bogor, Depok bahkan Banduuung. Pd ngejar 8

  100. Randen Roro Bantul Jogja October 07, 2015 at 15:02

    SMAN 8 Jakarta & SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta. Kemarin Jawara medali Emas OSN 2015.

  101. Tasya October 09, 2015 at 08:01

    muridnya cakep2. pinter2. anaknya diem2….kebanyakan ceweknya,
    .
    di 8 ada ekstra kurikuler OSN nya lo

  102. Angelin Andriyani November 15, 2015 at 04:09

    Naksir SMAN 8 Bukit Duri. Kemarin lewat situ. SMA Labschool Kebayoran juga bagus sekali. Naksir bangett nget nget ngeetttt

  103. Tia November 18, 2015 at 13:53

    keren. asli

  104. Kevina November 20, 2015 at 11:50

    dulu padahal nilaiku masuk SMA terbaik manapun. Nyesel masuk sekolah yg biasa2 saja. kirain bisa juara, gak taunya kebawa santai. Malah nyaris hancur nilai rapor. Masih untung bisa masuk PTN di Jalur Mandiri & lulus 10 besar paralel di SMA se Angkatan baik di rapor & Ujian . Pelajaran berharga.

  105. Risma December 11, 2015 at 15:19

    Yogyakarta : SMAN 1 Teladan

  106. Maherseto December 11, 2015 at 19:14

    Ga jadi patokan sih.
    Klo mmg dasarnya pinter ya pinteerrr aja.
    Gw meski ikut BIMBEL di 2 tempat.
    Dan slalu juara di SMAN tetep aja di JALUR tulis & jalur undangan gak keterima PTN

  107. Muh Akbar Nasution December 15, 2015 at 09:25

    Inget kmrn gw daftar 8 gak keterima. Nemnya kurang banyak. Akhirnya kelempar ke negeri lain.
    Padhal gw pengen bet msuk ekskul OSN

  108. Ferry December 27, 2015 at 21:52

    Vote:
    SMA 3 Bdg, SMA 3 Jogja, SMA 8 Jkt, SMA Kesatuan Bangsa Bantul

  109. Tante Swasta December 29, 2015 at 16:51

    Dulu tante gak prnh sekolah di negri… Kecuali PTN krn diterima PMDK. Skrg putri tante jg diterima snmptn 2015 dr SMA Labschool Rawamangun. Mnrt tante sih gak usah terlalu mimpi ke sekolah unggulan… SMA 8 tuh jurusan Mipa nya aja yg bagus, ips nya keok. Byk yg DO thn 1di FEUI yg bareng tante. Tante sendiri sekolah nya di Sanur dr SD – SMA

  110. jones sinaga January 03, 2016 at 21:04

    wowww…. sma n 3 semarang banunannya kk bangunan istana negara ya.
    oh iyaa.. sma unggul del mana??

  111. indi January 03, 2016 at 21:07

    sma unggul del kok ga ada?

  112. Nay January 17, 2016 at 14:42

    sekolah 8 bagus terbukti osn dan penerimaan ptn yg banyak, sayang rawan banjir hujan sediki langsung libur

  113. Salsabila Zakia February 02, 2016 at 22:00

    Nem cowo gw 383.5 gak keterima looo di SMA 8 Jakarta.
    Gila itu sekolah mmg !

  114. Triyaningsih February 03, 2016 at 15:34

    Jalur Mutasi kemarin aku gak keterima.
    Berat memang SMA 8

  115. Bianca February 04, 2016 at 15:06

    Sekolahkuuuuuuu. Sekolah adikku & bekas skul papaku juga
    I LOVE YOU 8 Jakarta #muaaacchhh

  116. Bagusetiawan February 16, 2016 at 13:59

    wah hebat ya, yang bisa masuk ke sekolah unggulan, apa lagi se-Indonesia lagi. Saya dengar Sampoerna Academy juga salah satu sekolah terbaik di Indonesia, mungkin bisa jadi alternatif pilihan sekolah buat teman teman sekalian.

  117. fahri April 29, 2016 at 12:08

    Sma TN itulah yg bagus karna disitu nilai kedisiplinan sudah sangat penting

  118. Dimas April 29, 2016 at 18:22

    Nanti ppdb online 2016 pilihan ku :
    1) SMAN 8 MIA
    2) SMAN 8 IIS
    3) SMAN 28 IIS

  119. burhan May 07, 2016 at 21:34

    semua yg diatas top..

  120. Wendie Razif Soetikno, S.Si., MDM May 16, 2016 at 13:14

    SMA legendaris tidak masuk ? di Jakarta ada SMA Kanisius Jakarta dan SMA Santa Ursula Jakarta. Di Bandung ada SMA Santo Aloysius Bandung dan SMA Santa Angela Bandung. Di Yogya ada SMA de Britto Yogya dan SMA Stella Duce Yogya. Di Surabaya ada SMA St Louis dan SMA Frateran Sirabaya. Di Semarang ada SMA Loyola Semarang dan SMA Sedes Sapientiae Semarang…….. masih banyak SMA-SMA Katolik yang besar-besar di berbagai kota di Indonesia ….. aneh kalau tidak satupun yang masuk …… mereka juga menyumbang banyak sekali tokoh nasional yang mumpuni, misalnya Menkeu Bambang Permadi Sumantri Brojonegoro dan Gubernur BI Agus Dermawan Wintarto Mertowardoyo – keduanya dari SMA Pangudi Luhur Jakarta, Menhub Ignasius Jonan dari SMA St Louis Surabaya, Menperdag Thomas Trikasih Lembong dari SMA Regina Pacis Jakarta, dll

  121. Lord of Study May 18, 2016 at 22:17

    SMAN 3 Bandung, “Knowledge is Power, but Character is More”.

  122. Dimas Slipi May 23, 2016 at 17:22

    SMAN.8 Jakarta bagus banget. Stabil.
    OSN “2016 di Palembang borong Emas :
    4 Emas, 3 Perak, 3 Perunggu
    Emas : Fisika, Kimia, Astronomi, Geografi
    Perak : Ekonomi, Geografi, Komputer
    Perunggu : Biologi, Komputer, Ekonomi

    #sumber : OSN 2016 Palembamg

  123. nindy BSD City Serpong May 28, 2016 at 09:20

    SMAN 8 Jakarta

Leave a Comment