‘Lemak Coklat’ Bantu Diet


Share Button

Bukan, yang dimaksud bukan lemak dalam kandungan coklat. Lemak ini adalah lemak yang bisa membantu nurunin berat badan, dan namanya lemak coklat atau brown fat.

Kalo biasanya warna lemak yang bikin lo gemuk adalah putih atau kekuningan, ini kebalikannya, warna lemak ini coklat dan bisa nurunin berat badan lo. Lemak ini bisa bakar kelebihan energi untuk menghasilkan panas suhu tubuh tetap baik.

Biasanya cewe lebih banyak punya lemak coklat dibanding sama cewek. Orang gemuk juga punya lebih banyak lemak coklat dibanding orang kurus.

Masalahnya adalah, lemak coklat ini ga setiap saat ada dalam kondisi aktif. Dalam temperature ruangan yang panas misalnya, aktivitas lemak coklat akan menurun karena tubuh ga butuh panas sebanyak kita berada dalam ruangan bertemperatur dingin. Trus gimana caranya ngaktifin lemak coklat? Cekidot!

1. Matiin pemanas
Sebagai gantinya, nyalain pendingin ruangan. Hawa dingin akan merangsang aktivasi brown fat atau lemak coklat.

2. Tambahin lada atau merica
Kandungan capsaicin terbukti bisa memicu aktivasi brown fat.

3. Tinggalin pusat-pusat kebugaran
Bukan berarti ga usah olahraga, tapi melakukan aktivitas fisik di luar ruangan kayak bersepeda, jogging di taman atau kalau cukup bernyali, renang di danau akan jauh lebih besar efeknya terhadap aktivitas brown fat.

4. Konsumsi susu dan produk olahannya
Yogurt, susu dan keju bisa bikin brown fat jadi aktif. Jauhi makanan-makanan olahan, juga makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat terlalu tinggi. Makanan ini punya efek berlawanan dengan brown fat.

5. Minum minuman dingin
Beberapa penelitian nunjukin kalo minuman dingin membantu menjaga suhu inti tubuh tetap rendah saat olahraga. Efek ini juga bisa memicu aktivasi brown fat.

Share Button


Comments


Leave a Comment